Sabtu 03 Desember 2022, 09:00 WIB

BMKG: Sebagian Kota Berpotensi Hujan Lebat, Jakarta Kategori Waspada

Mediaindonesia.com | Humaniora
BMKG: Sebagian Kota Berpotensi Hujan Lebat, Jakarta Kategori Waspada

Antara
Ilustrasi

 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi hujan lebat yang dapat disertai petir di beberapa kota dan sebagian besar wilayah provinsi di Indonesia.

Dalam peringatan dini cuaca dikutip dari Jakarta, Sabtu, BMKG memprakirakan hujan lebat dapat turun di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT.

Hujan lebat juga berpotensi turun di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Hujan dengan intensitas lebih ringan diprakirakan terjadi di DKI Jakarta.

Kota-kota di Indonesia yang berpotensi mengalami hujan lebat yang berpotensi disertai petir pada hari ini adalah Gorontalo, Jambi, Banjarmasin, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Ambon, Palembang, dan Medan.

Khusus untuk DKI Jakarta, hujan intensitas sedang diprakirakan turun di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada malam hari.

Hujan ringan dapat turun di Jakarta Barat pada siang dan malam hari, Jakarta Pusat pada malam hari, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang hari, serta Kepulauan Seribu pada dini hari.

BMKG juga memperingatkan wilayah Sumatra Barat masuk dalam kategori siaga dampak hujan lebat seperti banjir dan longsor.

Kategori waspada pada hari ini diberikan kepada Aceh, Sumatra Utara, Jambi, Sumatra Selatan, Bengkulu, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, dan Papua. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Omar HAJ KADOUR / AFP

PP Muhammadiyah Sampaikan Dukacita Atas Musibah Gempa Bumi Turki dan Suriah

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 00:32 WIB
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir berharap bencana tersebut dapat segera termitigasi dengan sigap di kedua...
Antara

Baru 10 RS yang Bisa Lakukan Bedah Jantung Terbuka, Menkes: Perlu Kolaborasi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 06 Februari 2023, 23:51 WIB
Saat ini, masih dibutuhkan 1.282 spesialis jantung dan pembuluh darah, serta spesialis lainnya untuk memberikan layanan jantung dan...
FOTO ANTARA/Fanny Octavianus

IDEAS Sebut 108 Lembaga Zakat Bukan Tak Berizin Tapi Tak Diberi Izin

👤Dinda Shabrina 🕔Senin 06 Februari 2023, 23:20 WIB
IDEAS Sebut 108 Lembaga Zakat Bukan Tak Berizin Tapi Tak Diberi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya