Selasa 15 November 2022, 20:56 WIB

Gambar Dua Dimensi: Pengertian, Ciri, dan Contoh

Meilani Teniwut | Humaniora
Gambar Dua Dimensi: Pengertian, Ciri, dan Contoh

Antara/Zabur Karuru.
Ilustrasi.

 

UNSUR seni rupa dua dimensi menjadi salah satu materi yang masuk dalam pelajaran bahasa Indonesia. Unsur ini terdiri dari dua, yakni fisik yang dapat dilihat dan nonfisik yang menyangkut tentang penyusunan unsur.

Banyak sekali contoh seri rupa dua dimensi yang bisa ditemui bentuk karyanya di kehidupan sehari-hari. Ia bisa berupa karya seni rupa yang mengandung unsur keindahan maupun memiliki fungsi kegunaan tertentu. Sejumlah contoh seni rupa 2 dimensi adalah lukisan, poster, foto, banner, logo, kaligrafi, batik, mozaik, dan karikatur. 

Lantas, apa itu seni rupa dua dimensi dan seperti apa contohnya? Berikut penjelasan lengkap yang telah dirangkum dari berbagi sumber. 

Pengertian gambar dua dimensi 

Gambar dua dimensi atau biasa disingkat 2D adalah dua matra atau bidang adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang dan lebar. Istilah ini biasanya digunakan dalam bidang seni, animasi, komputer, dan matematika.

Seni rupa dua dimensi juga merupakan karya seni rupa memiliki batas dua sisi, yaitu panjang dan lebar. Seni rupa dua dimensi tidak punya ruang karena tidak punya ketebalan atau ketinggian.

Karya seni rupa dua dimensi dalam kehidupan sehari-hari contohnya hiasan pada dekorasi dinding. Dengan demikian, hasil dari karya seni ini hanya dapat dinikmati dari satu sisi.

Baca juga: Mengenal Teknik Pointilis pada Seni Rupa dan Langkah-langkah Membuatnya

Ciri-ciri gambar dua dimensi

  1. Hanya memiliki ukuran panjang dan lebar.
  2. Tidak menempati ruang.
  3. Hanya bisa dinikmati dari 1 arah.
  4. Medium pembuatannya berupa bidang datar.
  5. Memiliki dimensi luas.

Contoh gambar dua dimensi

1. Gambar dua dimensi pemandangan.

gambar 2 dimensi pemandangan

Untuk membuat gambar dua dimensi hanya membutuhkan kertas gambar, pensil, dan pewarna seperti krayon atau pensil warna. Seperti yang tampak pada gambar berikut ini.

Tema pemandangan digunakan untuk menunjukkan objek yang digambar transportasi tradisional menjadi objek utama, yaitu menggunakan tenaga hewan yang banyak ditemui di pedesaan.

2. Gambar dua dimensi anak SD

gambar 2 dimensi anak SD

Gambar bagi anak-anak merupakan suatu bentuk media ekspresi. Melalui kegiatan menggambar, anak dapat menuangkan imajinasi, ekspresi, dan emosi mereka di setiap goresan yang dihasilkan baik di atas kertas, tembok, atau papan.

Anak sekolah dasar cenderung menggambar objek yang mereka lihat berdasarkan pengetahuan dan lingkungan sekitar mereka. Ayam berwarna merah cerah ini adalah perwujudan yang dilihat sehari-hari kemudian dalam bentuk gambar.

3. Gambar 2D hewan

Gambar dua dimensi hewan

Hasil karya dua dimensi memerlukan objek. Mudah sekali untuk mendapatkan inspirasi objek yang akan digambar, karena bisa didapatkan dari lingkungan sekitar atau seniman berpengalaman.

Keberagaman flora, fauna, alam, dan benda yang dapat dijadikan pilihan objek yang dapat dieksplorasi dalam menggambar. Harimau yang sedang duduk ini contohnya, meskipun tanpa warna.

4. Buah

gambar-2-dimensi-buah-buahan

Buah-buahan untuk penggemar fruitarian (fruit painting) memiliki makna sendiri. Dengan memasang gambar buah di dinding rumah dapat menyimbolkan dinding makanan di rumah tersebut.

Hasil karya gambar buah-buahan dapat memperindah dan memberikan suasana segar di ruang makan. Bahan peletakan buah dan pemilihan buah juga memengaruhi kesan yang akan diberikan.

5. Gambar 2D poci

gambar-2-dimensi-poci

Menggambar bentuk merupakan salah satu cara menggambar dengan meniru objek dan memiliki kemiripan rupa dan proporsi. Semakin objek yang digambar mendekati rupa rupa, berarti gambar bentuk yang dibuat semakin sempurna.

Gambar bentuk dua dimensi berupa poci ini adalah salah satu contohnya. Menyerupai poci yang sesungguhnya dengan sentuhan buah di sisinya. Tak ketinggalan juga teknik arsiran untuk memberinya perspektif serta warna.

6. Kartun 

gambar 2 dimensi kartun animasi

Menggambar kartun untuk beberapa orang menganggap mudah dan menyenangkan karena mereka menganggap meraka dapat menggambar tanpa banyak batasan dibandingkan dengan gaya realitistis dan gaya menggambar lain.

Buah apel yang diberikan bentuk wajah serta tangan dan kaki ini contohnya. Tak hanya itu, buah ini diberikan aktivitas berupa bermain skateboard. Ini menandakan terciptanya gambar dua dimensi kartun yang tak terbatas.

7. Gambar tiga dimensi rumah

Gambar tiga dimensi rumah

Warna merupakan unsur seni rupa yang paling menarik perhatian penikmat gambar karena nilai estetika. Untuk memberikan warna dapat diperoleh dari pensil warna, krayon, cat air, atau dari bahan-bahan alami lain.

Perhatikan gambar rumah ini, terkesan indah dan asri karena pemilihan warna yang cerah. Oleh karenanya, suasana bangunan seperti layaknya musim semi.

8. Gambar dua dimensi sederhana

Gambar dua dimensi sederhana

Pada karya dua dimensi kesan ruang dapat ditunjukkan dengan menggambar goresan-goresan sehingga tidak unsur-unsur kerupaan, seperti intensitas warna, terang-gelap, atau dengan menggunakan teknik gambar perspektif.

Dua tabung berwana hitam putih ini menjadi contoh penggunaan gelap terang yang menciptakan bentuk dua dimensi. Sudut pandang cahaya menjadi kunci jika ingin menggambar dengan hasil seperti ini.

Baca juga: Yuk Mengenal Aliran Naturalisme dalam Seni Lukis

9. Gambar dua dimensi gedung

Gambar dua dimensi gedung

Salah satu teknik yang digunakan agar menghasilkan gambar realistis yaitu menggunakan teknik menggambar objek tiga dimensi ke dalam bidang datar atau dua dimensi lalu digambar dengan satu titik pandang saja.

Hal tersebut diterapkan pada gambar dua dimensi gedung seperti pada gambar. Gedung dengan berbagai bentuk digambar dari sisi satu sudut dan menunjukkan kesan realistis.

10. Contoh gambar 2D mobil

Gambar dua dimensi gedung

Ide untuk menggambar tak pernah ada batasnya. Objek yang dipilih dapat berupa benda mati maupun hidup, benda tidak bergerak dan benda bergerak, seperti mobil.

Bentuknya yang familiar serta keberadaan yang mendominasi, mudah diwujudkan dalam bentuk gambar dua dimensi. Dengan menambahkan sentuhan secepatnya akan menambah kesan gambar yang hidup. (OL-14)

Baca Juga

Dok. BWI

Rakornas BWI Optimalkan Potensi Wakaf Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 17:34 WIB
Belum lagi tumbuhnya Gerakan berwakaf dari kelompok masyarakat seperti ASN, karyawan swasta, akademisi dan pelajar, intinya literasi wakaf...
Ist

Tren Peminat Program Studi Ilmu Komunikasi Meningkat di Jabodetabek

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 16:52 WIB
Anggota pengurus yang dilantik sebanyak 120 orang yang merupakan pengelola program studi Ilmu Komunikasi dari berbagai kampus yang berada...
ANTARA/Fikri Yusuf

Waspadai Potensi Kenaikan Kasus Covid-19 Varian Baru Saat Libur Nataru

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 16:39 WIB
Potensi penyebaran itu semakin besar mengingat realisasi vaksin booster yang melambat seiring dengan kejenuhan masyarakat menghadapi wabah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya