Kamis 10 November 2022, 10:37 WIB

Universitas Trisakti Serahkan Reka Cipta Mini Plant Budi Daya Maggot ke Dinsos DKI

mediaindonesia.com | Humaniora
 

UNIVERSTAS Trisakti menyerahkan reka cipta mini plant budi daya maggot dan alat pencacah organik kepada Dinas Sosial DKI Jakarta dalam rangka kontribusi kepada masyarakat melalui program Matching Fund Kedaireka Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Mini plant dan mesin pencacah tersebut secara resmi telah diberikan kepada Dinas Sosial DKI Jakarta pada acara serah terima yang dilaksanakan pada 7 Oktober 2022 bertempat di Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya, Serpong.

Berdasarkan laporan ketua penerima dana hibah Matching Fund Dr. Khomsiyah,Ak.,CA.FCMA.,CGMA.,CRIB., mini plant budi daya maggot dan alat pencacah sampah organik ini diserahkan kepada tiga panti sosial milik Dinas Sosial DKI Jakarta yang berlokasi di Ceger, Plumpang, dan Serpong serta Central Maggot Depok.

Baca juga : Saat Buka Raker IKAFEB Trisakti, Bamsoet Ajak Antisipasi Ancaman Krisis Ekonomi Global

Pada program ini tim dari Universitas Trisakti memberikan pelatihan bagi SDM untuk merumuskan skema bisnis yang akan dilakukan, menggunakan alat, proses budidaya maggot, pengemasan produk, hingga penjualan produk.

“Universitas Trisakti akan terus mendampingi selama proses tersebut,” kata Khomsiyah.

Sementara itu Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Trisakti Prof. Dr. Astri. Rinanti, MT., menyampaikan terima kasih kepada Dinas Sosial DKI Jakarta atas kerja sama yang terlaksana.

Beliau juga berharap bahwa kegiatan ini dapat terus berlanjut dan alat tersebut dapat terus dimanfaatkan.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial DKI Jakarta Dra. Susy Dwi Harini, MM., menyampaikan terima kasih atas nama Dinas Sosial DKI Jakarta kepada Universitas Trisakti.

Beliau juga berpesan program tetap harus dijalankan, oleh karena itu Dinsos DKI Jakarta berharap kolaborasi dengan Usakti dapat terus berkembang.

Selain itu, beliau juga menegaskan dan berharap  bahwa program ini dapat menjadi kurikulum di dalam panti sehingga akan terus berlangsung.

Acara serah terima ini kemudian dilanjutkan peninjauan langsung ke lokasi mini plant budidaya maggot oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial DKI Jakarta dengan didampingi Ketua dan tim Penerima Hibah Matching Fund Usakti, Direktur LPPM Usakti, serta Kepala Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya 2.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Anggota dari Tim Penerima Hibah Kedaireka antara lain Dra. Hartini, M.M, Dr. Winnie Septiani, S.T.,M.Si, IPM, Emilia Sari, S.T., M.T.,Ph.D, Dr. Ir.Ratnaningsih, M.T, Richy Wijaya, S.E.,M.M., CRA., CRP, mahasiswa Fakultas Teknologi Industri, mahasiswa/ Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta mahasiswa Fakultas Arsitektur Lansekap dan Teknik Lingkungan. (RO/L-09)

 

 

 

 

 

 

Baca Juga

AFP

14.490 Rumah Rusak Akibat Gempa di Cianjur akan Direhabilitasi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 01 Desember 2022, 13:26 WIB
Sebanyak 14.490 rumah yang terdata kerusakannya dan telah diverifikasi oleh BNPB akan dilakukan rekontruksi pascagempa Cianjur Jawa...
Antara

Jokowi Genjot Pembangunan Infrastruktur Digital untuk Tingkatkan Kualitas SDM

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 12:35 WIB
Menurutnya hal itu sebagai langkah yang tepat di tengah distrupsi digital yang melaju sangat cepat guna melahirkan SDM unggul dan berdaya...
dok.humas kemendes

Di HBT ke-72, Gus Halim : Transmigrasi Tidak Bisa Dilepaskan dari Spiritualitas

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 10:55 WIB
MENDES PDT Abdul Halim Iskandar menyatakan Program Transmigrasi tidak bisa dilepaskan dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya