Rabu 09 November 2022, 12:15 WIB

Mengenal Lebih Jauh Jenis, Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat

Mediaindonesia.com | Humaniora
Mengenal Lebih Jauh Jenis, Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat

Dok. Mako by Series
Produk perawatan kulit dari Mako by Series

 

ADA macam-macam jenis jerawat diantaranya jerawat hormon, jerawat bakteri, dan jerawat stress. Jerawat hormon disebabkan karena adanya peningkatan kadar androgen sehingga memicu munculnya jerawat hormon kemudian jerawat bakteri adalah jerawat yang timbul karena kurangnya kebersihan pada kulit wajah sedangkan jerawat stress dipicu oleh produksi minyak yang meningkat seiring dengan naiknya hormone stress.

Melansir Byrdie, menurut Dr. Hart ada cara yang bisa kita gunakan untuk membedakan antara jerawat hormonal dan jerawat stress dengan melacak pemicunya, misalkan jerawat stress akan lebih sering timbul ketimbang jerawat hormonal yang siklusnya bulanan.

Cara membedakan keduanya adalah dilihat dari tata letaknya. Letak jerawat stress bisa timbul dimana-mana dan bermacam-macam, sedangkan jerawat hormonal akan tumbuh di tempat yang sama dengan jenis yang sama.

“Jerawat menstruasi atau jerawat hormonal muncul ditempat yang sama berulangkali dna menjadi sangt kronis karena mereka menumpuk begitu banyak minyak selama beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu.” Paparnya.         

Menurut tinjauan penelitian pada2017 di The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology berjudul "Emerging Issues in Adult Female Acne," sebuah kuesioner yang divalidasi oleh dokter kulit dari 3.305 perempuan berusia 25 hingga 40 tahun di Prancis mengungkapkan munculnya jerawat pada orang dewasa dilaporkan oleh 41 persen perempuan, stres terdaftar sebagai faktor pemicu timbulnya jerawat.

Lantas, bagaimana sebenarnya stres berhubungan dengan penyebab noda di wajahmu? Stres emosional memicu peningkatan pelepasan hormon stres kortisol. Menurut Mayo Clinic, ketika ditingkatkan, kortisol memicu respons sistemik di dalam tubuh yang berpotensi untuk "mengubah respons sistem kekebalan dan [menekan] sistem pencernaan, sistem reproduksi, dan proses pertumbuhan."

Baca juga : Ini Beberapa Mitos dan Fakta Soal Kecantikan

Kortisol juga merupakan kunci penyebab stres berjerawat. Ketika kadar kortisol meningkat, hal itu mengganggu kadar hormon yang mengatur keseimbangan sebum dan mengakibatkan pori-pori tersumbat dan munculnya jerawat. Dengan kata lain: Lebih banyak produksi minyak berarti lebih banyak pori-pori tersumbat, dan lebih banyak poripori yang tersumbat berarti lebih banyak jerawat.

Mengingat keterlibatan kortisol, ketika berbicara tentang jerawat stres, sebenarnya juga berbicara tentang jerawat hormonal. Ini tidak sama dengan jerawat yang akan muncul di sekitar awal siklus menstruasi, tetapi jerawat yang muncul karena respons terhadap perubahan pola hormonalmu yang dijadwalkan secara teratur. 

Ketika mengalami peningkatan stres, ini dapat memicu perubahan hormonal yang hanya memperburuk jerawat.

Jerawat karena stress sebenarnya dapat terjadi kapan saja, bahkan timbul secara tiba-tiba dan pada usia berapapun, pada orang dewasa biasanya jerawat di sebabkan karena stress terhadap pekerjaan atau karena urusan rumah tangga, dan pada remaja biasanya stress karena tugas di sekolah.

Cara antisipasi paling tepat adalah dengan perawatan kulit dengan tepat serta hidup sehat. Ngomongin soal perawatan kulit, rangkaian produk Acne Series dari Mako by Series bisa menjadi pilihan untuk membantu mencegah dan mengatasi masalah jerawat yang menganggu hari-hari produktif. 

Produk Mako by Seris bisa didapatkan di e-commerce Shopee Makobyserisofficialshop, TikTok Shop Mako by Seris, dan kunjungi Instagram di @makobyseris.official. (RO/OL-7) 

Baca Juga

Antara

Update 7 Desember 2022: 3.351 Kasus Covid-19 Terdeteksi Hari Ini

👤MGN 🕔Rabu 07 Desember 2022, 23:41 WIB
Sementara itu, kasus aktif berkurang 230 sehingga menjadi 47.430...
AFP

Google Indonesia Membuka Program Bangkit untuk Anak Muda

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 22:54 WIB
Sejak 2019, sudah ada lebih dari 3.000 peserta dari bangku perkuliahan yang mendalami materi dan ilmu terkait teknologi terkini dari...
MI/Ramdani

Ini 35 Ide Kado untuk Hari Ibu

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Rabu 07 Desember 2022, 22:43 WIB
Beragam ucapan selamat dan kado akan banyak dijadikan pilihan sebagai bentuk terima kasih dan ucapan sayang kepada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya