Selasa 08 November 2022, 04:40 WIB

Climate Reality Indonesia Luncurkan Buku 'Menjalin Ikhtiar Merawat Bumi'

mediaindonesia.com | Humaniora
Climate Reality Indonesia Luncurkan Buku

Ist
The Climate Reality Project Indonesia meluncurkan buku terbarunya, "Menjalin Ikhtiar Merawat Bumi. Memoirs by Climate Reality Leaders".

 

THE Climate Reality Project Indonesia meluncurkan buku terbarunya, Menjalin Ikhtiar Merawat Bumi. Memoirs by Climate Reality Leaders di sela-sela COP27 - Konferensi Perubahan Iklim PBB di Sharm El-Sheikh, Mesir, Senin (7/11) malam.

Peluncuran buku tersebut berlangsung di Paviliun Indonesia COP27 pada sesi “Narrating Endeavors to Tend the Earth” yang membahas peran dan cara komunikasi aksi iklim oleh organisasi, korporasi, dan individu.

Acara yang dipandu oleh Dr. Amanda Katili Niode, Direktur Climate Reality Indonesia, menghadirkan Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Silverius Oscar Unggul; President & CEO The Climate Reality Project, Phyllic Cuttino; serta Nazrin Castro dan Lia Zakiyyah masing-masing dari Climate Reality Filipina dan Indonesia.

Sebanyak 92 pegiat iklim dari Indonesia dan 14 negara lainnya, yang telah mengikuti pelatihan perubahan iklim bersama Al Gore dan tim ilmuwan serta aktivis, menuliskan memoar masing-masing.

Kumpulan memoar ditulis dalam beberapa bahasa dan merupakan pengalaman pribadi, baik yang terkait dengan ilmu pengetahuan, dampak, solusi, maupun aksi perubahan iklim. 

Baca juga: Sangat Penting, Peran Aktif Generasi Muda Atasi Dampak Perubahan Iklim

Buku tersebut secara resmi diluncurkan oleh Dr. Alue Dohong, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yang juga menuliskan pengalamannya merestorasi ekosistem gambut terdegradasi di Kalimantan dan berharap agar buku serupa setidaknya diterbitkan setiap 6 bulan sekali.

Memoar sebagai genre sastra kini menjadi sorotan menarik karena Annie Ernaux, novelis dan memoaris Prancis, memenangkan Hadiah Nobel Sastra 2022.

Ia banyak menulis hal pribadi, politik, dan universal dan penghargaan itu diperoleh "untuk keberanian dan ketajaman klinis yang ia gunakan untuk mengungkap akar, keterasingan, dan pengekangan kolektif dari memori pribadi."

Amanda Katili Niode yang bersama Delima Astrawinata, dan Ngadiyo menjadi editor mengatakan: “Buku ini adalah bentuk komunikasi dari hati 92 penulis yang dapat menyentuh hati dan menginsipirasi pembacanya untuk melindungi Bumi dari krisis iklim.:

Buku Menjalin Ikhtiar Merawat Bumi setebal 532 halaman yang merupakan kerja sama antara Climate Reality Indonesia dan Penerbit Diomedia ini terbagi dalam delapan bab.

Bab itu terdiri dari Ruang Keluarga Basis Kepedulian; Gema Nyata Perubahan Iklim; Gaung Korporasi dan Industri; Hamparan Lautan, Hutan, Demi Solusi Berbasis Alam; Retrospeksi Pengembangan Diri untuk Kepemimpinan; Moralitas Menuju Pembangunan Berkelanjutan; Sampah dan Mentalitas Manusia; serta Ibu Bumi Sanubari Kami. (RO/OL-09)

Baca Juga

Ist

Kampanye #MyWayToBeReal Dorong Perempuan Tampil Percaya Diri

👤Eni Kartinah 🕔Rabu 30 November 2022, 16:34 WIB
#MyWayToBeReal, Ultima II mendukung para pengguna agar merasa lebih percaya diri menampilkan keistimewaan diri sendiri dengan versi yang...
MI/HO

Sanofi Dukung Optimalisasi Edukasi dan Program Dukungan Pasien Diabetes

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 16:28 WIB
Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan Dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan, diabetes melitus (DM) semakin meningkat...
Antara/Muhammad Bagus Khoirunas.

Hasil Inseminasi Buatan dan Transfer Embrio Menggembirakan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 15:51 WIB
Lewat intervensi dua program andalan itu rata-rata populasi ternak di Indonesia naik sebesar 8% per...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya