Senin 31 Oktober 2022, 21:58 WIB

Kominfo: Per 2 November Migrasi ke TV Digital Serentak di Jabodetabek

Faustinus Nua | Humaniora
Kominfo: Per 2 November Migrasi ke TV Digital Serentak di Jabodetabek

ANTARA/Sulthony Hasanuddin
Pramuniaga mengecek set top box (STB) yang dijual di salah satu toko elektronik di Tangerang Selatan, Banten, Jumat (28/10).

 

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan segera menghentikan siaran televisi (TV) analog dan berpindah ke digital. Per 2 November 2022, Analog Switch Off (ASO) akan dilakukan secara serentak di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) serta daerah lain yang sudah siap sesuai persyaratannya.

"Memang akan ASO tetapi tidak seluruh Indonesia. Difokuskan di Jabodetabek dan sejumlah daerah atau wilayah siaran yang siap begitu. Yang pasti yang sudah akan ASO itu Jabodetabek, Jabodetabek terdiri atas Jakarta, sebagian Banten sebagian Jawa Barat gitu," ungkap Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo, Usman Kansong kepada Media Indonesia di Jakarta, Senin (31/10).

Untuk daerah lain, kata Usman, Kominfo masih terus memeriksa persiapannya. Sebab untuk memberlakukan ASO, suatu daerah atau wilayah siaran harus sudah memenuhi tiga syarat yang ditetapkan pemerintah.

Syarat pertama, di wilayah siaran tersebut harus sudah ada siaran TV analog. Seperti daerah Jabodetabek, sudah sejak lama ada siaran TV digital sehingga tidak menyulitkan masyarakat untuk migrasi dari analog ke digital.

"Yang sudah nikmati TV digital itu ada 171 kota/kabupaten di Indonesia yang dari dulu sudah menerima siaran digital," imbuhnya.

Kedua, suatu wilayah siaran harus sudah siap multiplexing atau mux. Mux ini disiapkan oleh lembaga penyelenggara multiplexing, dalam hal ini adalah lembaga penyiaran swasta (LPS) dan lembaga penyiaran publik, yakni TVRI.


Baca juga: Wapres Pastikan Migrasi Siaran Digital Diimplementasikan


Untuk TVRI sendiri, lanjut Usman, kewajiban untuk menyiapkan multipleksing di seluruh wilayah Indonesia sudah hampir 100%. Begitu pula dengan LPS yang terus digenjot persiapannya.

Syarat ketiga adalah distribusi set top box (STB) untuk rumah tangga miskin harus sudah dilakukan seluruhnya. Lantas, untuk wilayah yang siap hingga saat ini yakni Jabodetabek.

Menurut Usman, distribusi STB di wilayah Jabodetabek berdasarkan survei pada Agustus lalu mencapai lebih dari 80%. Angka tersebut pun diprediksi terus meningkat dalam dua bulan terakhir ini.

Kominfo juga menyiapkan posko bagi masyarakat yang belum menerima STB agar bisa melaporkan segera. Di samping itu, sosialisasi pun terus dilakukan baik melalui televisi, media sosial hingga diskusi-diskusi dan hampir semua masyarakat sudah mengetahui informasi ASO.

"Jadi persiapan terus kita lakukan, tanggal 2 malam menjelang tanggal 3 itu ASO di Jabodetabek dan tempat-tempat lain nanti yang sedang kita periksa ini akan ASO," ucapnya.

Usman menambahkan bahwa masyarakat, khususnya Jabodetabek, juga sebenarnya sudah siap untuk pemberlakuan ASO secara serentak. Dari survei Kominfo lebih dari 70% masyarakat siap untuk migrasi ke TV digital.

"STB itu untuk masyarakat tidak mampu, masyarakat yang tidak masuk kategori miskin itu bersedia tv digital kalau sudah dimatikan. Mereka sekarang masih nunggu lah, 'nantilah kalau analog sudah mati saya beli digital, STB'. Secara umum survei Kominfo relatif sudah siap," tandasnya. (OL-16)

Baca Juga

Antara

Update 7 Desember 2022: 3.351 Kasus Covid-19 Terdeteksi Hari Ini

👤MGN 🕔Rabu 07 Desember 2022, 23:41 WIB
Sementara itu, kasus aktif berkurang 230 sehingga menjadi 47.430...
AFP

Google Indonesia Membuka Program Bangkit untuk Anak Muda

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 22:54 WIB
Sejak 2019, sudah ada lebih dari 3.000 peserta dari bangku perkuliahan yang mendalami materi dan ilmu terkait teknologi terkini dari...
MI/Ramdani

Ini 35 Ide Kado untuk Hari Ibu

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Rabu 07 Desember 2022, 22:43 WIB
Beragam ucapan selamat dan kado akan banyak dijadikan pilihan sebagai bentuk terima kasih dan ucapan sayang kepada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya