Sabtu 29 Oktober 2022, 19:05 WIB

Gapai Potensi Maksimal Wakaf Uang, LSP BWI Gelar Uji Kompetensi Ratusan Nazhir se-Indonesia

Mediaindonesia.com | Humaniora
Gapai Potensi Maksimal Wakaf Uang, LSP BWI Gelar Uji Kompetensi Ratusan Nazhir se-Indonesia

Dok. Badan Wakaf Indonesia
LSP-BWI menggelar Sertifikasi Nazhir Wakaf

 

SEBAGAI negara dengan mayoritas penduduk beragama islam, potensi wakaf uang di Indonesia diperkirakan mencapai Rp180 triliun. Berdasarkan Undang-undang Nomor 41 Tahun 2004, wakaf uang bisa dilakukan melalui Lembaga Keuangan Syariah (LKS) Penerima Wakaf Uang (PWU).

Untuk mencapai potensi terebut, perlu langkah strategis yang dijalankan oleh aktor utama dalam pengelolaan perwakafan nasional dalam hal ini Nazhir (pengelola wakaf), supaya dilakukan akselerasi dalam mengembangkan dan membesarkan aset wakafnya melalui upgrading serta peningkatan skill kompetensinya.

Untuk meningkatkan kompetensi nazhir, Badan Wakaf Indonesia (BWI) membentuk Lemdiklat dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) BWI yang merupakan LSP Wakaf pertama di dunia. Sejak mendapatkan izin dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) pada Oktober 2021.

Pada Oktober ini, LSP-BWI genap berumur 1 tahun. Dalam rangka milad pertamanya, LSP-BWI mengadakan uji kompetensi dan sertifikasi bagi 300 peserta dari berbagai Instansi di seluruh Indonesia. Sampai saat ini, LSP BWI telah memberikan Sertifikasi Kompetensi Nazhir kepada 1140 orang dari 24 provinsi di Indonesia.

Baca juga : Stan Edukasi Zakat dan Wakaf Hadir di Acara MTQ ke-29 Kalsel

Ketua LSP-BWI Nurul Huda menjelaskan, tujuan uji kompetensi dan sertifikasi Nazhir untuk meningkatkan penerimaan wakaf uang. Pelatihan dan sertifikasi profesi Nazhir diberikan kepada LKS PWU agar LKS PWU mempunyai kompetensi untuk merencanakan penerimaan harta benda wakaf. 

"Sehingga LKS PWU dapat meningkatkan penerimaan wakaf uang di LKS PWU," kata Prof Nurul Huda, Sabtu (29/10/2022).

Ketua Badan Pelaksana BWI Mohammad Nuh mengatakan, pelatihan dan sertifikasi kompetensi Nazhir dan LKS PWU merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan kinerja perwakafan Indonesia.

“Pelatihan dan sertifikasi kompetensi Nazhir dan LKS PWU kunci untuk meningkatkan kinerja perwakafan Indonesia,” ujar Nuh. (RO/OL-7)

Baca Juga

Antara

Jokowi Genjot Pembangunan Infrastruktur Digital untuk Genjot Kualitas SDM

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 12:35 WIB
Menurutnya hal itu sebagai langkah yang tepat di tengah distrupsi digital yang melaju sangat cepat guna melahirkan SDM unggul dan berdaya...
dok.humas kemendes

Di HBT ke-72, Gus Halim : Transmigrasi Tidak Bisa Dilepaskan dari Spiritualitas

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 10:55 WIB
MENDES PDT Abdul Halim Iskandar menyatakan Program Transmigrasi tidak bisa dilepaskan dari...
AFP

14.490 Rumah Rusak Akibat Gempa di Cianjur akan Direhabilitasi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 01 Desember 2022, 10:40 WIB
Sebanyak 14.490 rumah yang terdata kerusakannya dan telah diverifikasi oleh BNPB akan dilakukan rekontruksi pascagempa Cianjur Jawa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya