Sabtu 29 Oktober 2022, 06:45 WIB

Kerajinan Bahan Keras: Pengertian, Prinsip, dan Contoh

Mesakh Ananta Dachi | Humaniora
Kerajinan Bahan Keras: Pengertian, Prinsip, dan Contoh

ANTARA/Umarul Faruq
Perajin menyelesaikan pembuatan sepeda kayu di Desa Betro, Sedati, Sidoarjo, Jawa Timur.

 

SEBUAH karya seni dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk. Hal itu merupakan esensi dari kebebasan seni itu sendiri. Salah satu perwujudan seni paling umum adalah kerajinan bahan keras. Apa itu kerajinan bahan keras, simak terus artikel berikut.

Kerajinan bahan keras adalah jenis kerajinan yang berasal dari bahan yang bersifat keras, kuat, padat, tahan lama, dan memiliki bentuk yang sukar untuk dihancurkan atau diubah. 

Kerajinan bahan keras dapat dibentuk dari bahan yang berasal dari alam dan buatan. Misalnya, kayu, logam, kaca, aluminium, dan keramik. 

Baca juga: The Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) Kembali Hadir Tahun Ini

Kerajinan bahan keras nantinya akan mengubah bahan dasar tersebut ke dalam sebuah bentuk karya. Maka, dibutuhkannya teknik yang tepat untuk dapat mengubah dan mengolah bahan tersebut.

Berbeda dengan jenis kerajinan berbahan lain, kerajinan bahan keras membutuhkan sebuah ekstra untuk dapat mengubah bentuk dari bahan baku tersebut ke dalam sebuah karya yang memiliki makna. 

Karenanya, penting untuk memetakan konsep awal sebelum pembentukan kerajinan. Hal ini akan membantu agar kesalahan pada saat pengolahan nantinya dapat diminimalisasi. 

Lebih lanjut, dalam menciptakan kerajinan bahan keras juga dibutuhkan teknik yang sesuai dan pemilihan bahan yang sesuai. Maka, diperlukannya observasi dan pengalaman yang mumpuni dalam melakukan kerajinan ini.

Kerajinan bahan keras dapat terbentuk dari bahan keras seperti kayu, batu, aluminium, logam, dan lain lain. Oleh karena itu, bentuk dari hasil kerajinan ini pada umumnya dibuat melalui aktivitas pemahatan, pemotongan, dan pembakaran. 

Contoh dari kerajinan bahan keras misalnya, patung, kaca, ukiran, tikar, peralatan peralatan makanan, dan lain lain sebagainya. (OL-1)

Baca Juga

Dok pribadi

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengajian Bulanan Membentuk Kepribadian Muslimah

👤Winni Oktavia, mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya 🕔Jumat 02 Desember 2022, 00:35 WIB
Pengajian ini merupakan wadah untuk mengembalikan eksistensi kemanusiaan agar terhindar dari masalah dan degradasi...
Antara/Fakhri

Besok, Migrasi Siaran Analog ke Digital Tahap II Diberlakukan di 4 Provinsi

👤Naufal Zuhdi 🕔Kamis 01 Desember 2022, 23:55 WIB
ANALOG Switch Off (ASO) tahap II akan dilakukan pada 2 Desember 2022 dimulai pukul 24.00 oleh penyelenggara Multipleksing (MUX). Empat...
MUI

MUI : Dana Talangan Haji Hukumnya Mubah dengan Syarat

👤Dinda Shabrina 🕔Kamis 01 Desember 2022, 23:45 WIB
MUZAKARAH Perhajian Indonesia Tahun 2022 melarang penggunaan dana talangan haji karena mengakibatkan antrean haji semakin panjang....

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya