Kamis 27 Oktober 2022, 20:45 WIB

PNM Bersama Water.org Lakukan Gerakan Cuci Tangan Gunakan Sabun

mediaindonesia.com | Humaniora
PNM Bersama Water.org Lakukan Gerakan Cuci Tangan Gunakan Sabun

Ist
Peringati Hari Cuci Tangan Sedunia, PT PNM menggelar kampanye cuci tangan pakai sabun dan air mengalir di Lombok Tengah, NTB.

 

DALAM rangka memeringati Hari Cuci Tangan Sedunia, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menggelar kampanye cuci tangan pakai sabun dan air mengalir di halaman Kantor Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Dalam kegiatan tersebut, PNM bekerja sama dengan Water.org sebuah Non-Government Organization (NGO) yang fokus pada peningkatan akses air bersih, sanitasi, dan kebersihan dan Pemerintah Daerah Lombok Tengah, dan PLAN Indonesia

Kegiatan ini dihadiri oleh Pemimpin Cabang PNM Darwis Hari Pondang, Perwakilan dari Water.org, Aldi Surianingrat, dan Bupati Lombok Tengah H Lalu Pathul Bahri, S.IP.

Darwis Hari Pondang, Pemimpin Cabang PNM Mataram mengungkapkan, “Dalam dua tahun terakhir ini, sejak adanya pandemi Covid-19 mencuci tangan menggunakan sabun menjadi salah satu bagian penting yang diupayakan pemerintah untuk dijadikan salah satu kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari."

Baca juga: Good Doctor Donasikan 150 Ribu Masker untuk Lindungi Masyarakat Rentan

"Oleh karena itu PNM menggelar kampanye cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dalam upaya kami mendorong salah satu pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang beberapa tahun terakhir ini sedang digalakkan oleh pemerintah,” kata Darwis dalam keterangan tertulis, Kamis (27/10).

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan program yang telah diluncurkan dalam dunia kesehatan lingkungan sejak tahun 2008.

Dilansir dari laman Kemkes.go.id, STBM merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

Program STBM memiliki indikator outcome dan output. Indikator outcome STBM yaitu menurunnya kejadian penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan lainnya yang berkaitan dengan sanitasi dan perilaku.

STBM memiliki lima pilar yaitu, pertama Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS), kedua Mencuci Tangan Pakai Sabun dengan Air Mengalir (CTPS).

Ketiga, Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga. Keempat, Pengelolaan Sampah Rumah Tangga, kelima Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga Air.

“Pentingnya lima pilar STBM yang digalakkan oleh pemerintah akan terus kami dukung agar masyarakat bisa hidup bersih dan terhindar dari segala penyakit," jelas Darwis.

"Melalui kampanye ini juga kami ingin memberikan edukasi terkait langkah-langkah cuci tangan yang baik serta waktu-waktu penting kapan harus melakukan cuci tangan menggunakan sabun dan agar mampu menjadikan perilaku ini sebagai perilaku keseharian mereka,” jelasnya.

Pada gelaran kampanye cuci tangan pakai sabun dan air mengalir ini diikuti oleh lebih dari 500 orang peserta yang terdiri dari 250 nasabah PNM Mekaar serta masyarakat khususnya ibu-ibu prasejahtera.

Kegiatan ini juga diikuti oleh Kader PKK sebagai penggerak perubahan perilaku di masyarakat dan juga penyandang disabilitas.

Sebagai informasi, hingga 19 Oktober 2022 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 147,37 T kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 12,9 juta nasabah.

Saat ini PNM memiliki 4138 kantor layanan di seluruh Indonesia yang melayani UMKM di 34 Provinsi, 422 Kabupaten/Kota, dan 5640 Kecamatan. (RO/OL-09)
 

Baca Juga

Ist

CEO Media Group: Masjid sebagai Zona Membangun Peradaban

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 18:07 WIB
Raker yang mengambil tema 'Masjid sebagai Pusat Peradaban' itu  diwarnai penyampaian survei kepuasaan jemaah Masjid...
Ist

Bedah Saraf Teknik Keyhole Surgery Pulihkan Wajah Merot

👤mediaindonesia.om 🕔Minggu 04 Desember 2022, 14:30 WIB
Tim dokter ahli bedah saraf dari Kortex Brain and Spine berhasil melakukan live surgery bedah saraf terhadap pasien bernama Pinky (25),...
HO

Kemenkominfo Gencarkan Sosialisasi 'Antihoaks RUU KUHP'

👤Widhoroso 🕔Minggu 04 Desember 2022, 13:37 WIB
PEMERINTAH terus melakukan sosialisasi Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) kepada seluruh elemen...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya