Rabu 28 September 2022, 11:07 WIB

Menkominfo Tegaskan Presidensi G20 Indonesia Dukung Inisiatif Smart Village dan Smart Island

mediaindonesia.com | Humaniora
Menkominfo Tegaskan Presidensi G20 Indonesia Dukung Inisiatif Smart Village dan Smart Island

MI/HO
Menkominfo Johnny G Plate

 

PRESIDENSI G20 Indonesia telah menggelar pertemuan Digital Economic Ministers Meeting (DEMM), awal September 2022. Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika juga menggelar rangkaian pertemuan Digital Economy Working Group (DEWG).

Menkominfo Johnny G Plate menyampaikan apreasiasi atas dukungan negara anggota International Telecommunication Union (ITU), yang sekaligus juga negara anggota G20. 

Menteri Johnny juga menyampaikan penghargaan kepada ITU yang terlibat aktif dalam menyukseskan DEWG G20, khususnya dalam penyusunan concrete deliverable.

Baca juga: Workshop Literasi Digital, Masyarakat Kabupaten Lembata Diajak Gunakan Media Sosial dengan Bijak

“Indonesia sangat menghargai dukungan dari ITU, khususnya pada inisiatif Smart Village dan Smart Island sebagai salah satu deliverable nyata DEWG,” ungkapnya saat menyampaikan High Policy Statement Indonesia dalam ITU Plenipotentiary Conference 2022 (PP 22) di Palace of Parliament, Bucharest, Rumania, Selasa (27/9).

Menkominfo menegaskan komitmen Indonesia sebagai negara kepulauan untuk menyediakan konektivitas digital yang terjangkau dan aman bagi seluruh masyarakat. 

“Melalui Plenipotentiary ITU 2022, kami sampaikan hasil dari Digital Economy Working Group kepada ITU dan peserta Konferensi hari ini,” ujarnya.

Pemerintah Republik Indonesia sukses memberikan perhatian penuh kepada dunia di sektor digital selama penyelenggaraan DEWG dan DEMM dalam Presidensi G20.

“Dalam konteks forum Presidensi G20, Indonesia sebagai tuan rumah tahun ini berupaya memberikan perhatian kepada masyarakat dunia yang tidak terlayani di ruang digital,” tandas Menteri Johnny.

Menurut Menkominfo, rangkaian kegiatan DEMM DEWG G20 yang diselenggarakan di Bali sejak tanggal 29 Agustus sampai dengan 5 September 2022 itu telah mencapai kesepakatan yang komprehensif sesuai tiga isu prioritas. 

“Yaitu konektivitas dan pemulihan paska pandemi Covid-19, keterampilan digital dan literasi digital, serta aliran data bebas dengan kepercayaan dan data lintas batas atas dasar inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan,” jelasnya

Konferensi PP 22 merupakan badan pembuat keputusan tertinggi ITU. Dalam pertemuan tingkat tertinggi ini, 193 negara anggota akan menyepakati rencana strategis dan keuangan, kepemimpinan, dan arahan ITU untuk empat tahun ke depan. (RO/OL-1)

Baca Juga

Dok. Kemendikbudristek

SMK Digital Bootcamp, Dorong Lahirnya Talenta Digital di Kawasan Industri dan Kawasan Ekonomi Khusus

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 22:00 WIB
SMK Digital Bootcamp merupakan program pelatihan intensif kepada perwakilan peserta didik dan guru dari SMK pelaksana program Berbasis...
Dok.Pribadi

Indonesia Berpotensi Melahirkan Mutasi Super Varian Covid-19

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 09 Desember 2022, 21:44 WIB
Menurut Dicky, BN.1 memiliki karakter yang lebih cepat menular dan lebih mudah terikat pada reseptor, serta mampu mengelak dari imunitas...
Ist

Mahasiswa Prodi MKE dari NHI Bandung Gelar Intimate Healing Festival

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 20:17 WIB
Mahasiswa Prodi MKE Politeknik Pariwisata NHI Bandung sukses menggelar kegiatan InHeal Fest atau Intimate Healing Festival di Treetop...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya