Jumat 23 September 2022, 16:06 WIB

Tim Medis TNI AL Bantu Perawatan Anak yang Menelan Kunci

mediaindonesia.com | Humaniora
Tim Medis TNI AL Bantu Perawatan Anak yang Menelan Kunci

Dok TNI AL
TNI AL bantu perawatan medis anak yang telan kunci

 

RUMAH Sakit TNI AL dr. Minthohardjo memberikan bantuan tindakan medis kepada seorang anak asal Kabupaten Indramayu, Muhamad Zul Zalaly wal Ikrom, yang viral di media sosial akibat aksinya yang tidak sengaja menelan anak kunci.

Kejadian nahas ini berawal saat Muhamad Zul Zalaly wal Ikrom bermain HP sembari tiduran dan tidak sengaja menelan anak kunci hingga sampai ke tenggorokan. Ia pun segera dibawa oleh ibunya ke klinik dan dirujuk ke RSUD Indramayu. Saat dirontgen, anak kunci sudah sampai ke usus besar.

Kejadian yang awalnya viral di media sosial ini erpantau oleh TNI AL dan langsung mencari keberadaan anak tersebut melalui tim Kesehatan Lanal Cirebon di bawah pimpinan Letda Laut (K) dr. Rudy Kaprisyah. Setelah ditemukan, sang anak dievakuasi ke RSAL Mintohardjo dengan menggunakan ambulans dikawal mobil kawal pomal Lanal Cirebon.

Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono berkesempatan mengunjungi pasien di ruang perawatan Pulau Marore sesaat setelah pasien Muhamad Zul Zalaly wal Ikrom (9th) yang didampingi sang Ibu Nina Listiana dan Bupati Indramayu datang. Mereka tiba pada Jumat (23/9) pagi di RSAL Mintohardjo dan diterima Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Sapta Prihartono Rachman, SpBA didampingi Wakamed Kolonel Laut (K) dr. Dede SpPD.KGH dan Kepala Departemen Bedah Kolonel Laut (K)  dr. Pribadi Ari, SpB, .KBD.

Baca juga: Dukung TNI AL untuk Bangun Kejayaan Maritim NKRI

Karumkit RSAL dr. Mintohardjo memerintahkan Kepala Departemen Bedah Kolonel Laut (K)  dr. Pribadi Ari, SpB, .KBD. beserta tim untuk memberikan penanganan langsung terhadap pasien dengan tindakan operasi.

“Hari ini, ketika pemeriksaan terakhir dilaksanakan sebelum pelaksanaan operasi, anak kunci tersebut sudah tidak ditemukan lagi keberadaannya. Kemungkinan karena hari ini sudah hari ketujuh, anak kunci sudah keluar saat si anak buang air besar," ujar Kolonel Pribadi.

"Tindakan operasi urung dilakukan, pasien pun kemungkinan akan segera dipulangkan menunggu koordinasi dengan Dinas Kesehatan Indramayu," imbuhnya.

Penanganan medis yang dilakukan oleh para tenaga Kesehatan TNI AL ini sebagai wujud kepedulian dan pengaplikasian kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yang selalu memberikan penekanan agar keberadaan prajurit TNI AL dimanapun dapat membawa dampak yang positif bagi masyarakat sekelilingnya.(RO/OL-5)
 

Baca Juga

MI/Susanto

Persiapan Indonesia Emas 2045, Guru Madrasah Diharapkan Berani Berinovasi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 10:30 WIB
Guru madrasah harus memiliki growth mindset, yaitu cara pandang yang selalu ingin tumbuh, berkembang dan mencari solusi.  Selain itu...
Dok. Klinik Insomm

Insomnia Banyak Terjadi, Klinik Ini Tawarkan Sleep Restoration Programme untuk Capai Tidur Berkualitas

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 10:01 WIB
"Banyak sekali dampak negatif yang terjadi pada individu yang kesulitan tidur. Kami sangat berusaha agar setiap  individu bisa...
dok.ist

Akhir Pekan, Healing di Nebula Glamping jadi Pilihan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 08:29 WIB
Nebula Glamping merupakan penginapan yang berada di lahan seluas 1,2 hektar milik Perhutani di Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya