Kamis 22 September 2022, 23:30 WIB

Satgas Dorong Pemda Tingkatkan Capaian Vaksinasi Booster

Ant | Humaniora
Satgas Dorong Pemda Tingkatkan Capaian Vaksinasi Booster

Antara
Vaksinasi covid-19

 

JURU Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito meminta pemerintah daerah untuk meningkatkan cakupan vaksinasi dosis ketiga atau booster.

"Dimohon kepada seluruh pemerintah daerah untuk memastikan ketersediaan vaksin booster dan segera mengidentifikasi serta mendorong warganya yang belum booster," ujarnya, Kamis (22/9)

Ia mengatakan, vaksinasi booster perlu untuk terus dikejar. Salah satu caranya yakni dengan menegakkan peraturan yang mengharuskan masyarakat untuk vaksin booster agar dapat mengakses fasilitas publik.

"Namun sekali lagi, kesadaran untuk vaksin booster kembali pada masing-masing individu sebagai tanggung jawab untuk melindungi diri sendiri dan orang lain," tuturnya.

Ia mengingatkan agar masyarakat tidak menganggap remeh covid-19 karena kasus kematian di Indonesia relatif masih tinggi. Tingkat kematian mingguan di Indonesia masih di atas 100 jiwa,.

"Pada prinsipnya pencegahan lebih penting dibandingkan pengobatan, sehingga peran masyarakat untuk saling mengingatkan adalah cara yang paling efektif untuk kita lakukan bersama," katanya.

Data Satgas covid-19 mencatat jumlah penduduk yang telah mendapat vaksin booster mencapai total 62.968.993 orang.

Dengan demikian maka tercatat, suntikan dosis booster sudah diberikan pada 26,83 persen dari total warga yang menjadi sasaran vaksinasi.

Pada prinsipnya, Wiku menekankan, setiap kebijakan yang dibuat pemerintah dalam penanganan pandemi bertujuan untuk menyelamatkan masyarakat terhindar dari penularan korona.

"Oleh karena itu partisipasi masyarakat untuk turut andil mengikuti anjuran yang ditetapkan oleh pemerintah sangatlah penting," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

ANTARA/Zabur Karuru

Pengamanan Perempuan dan Anak dalam Tragedi Kanjuruhan Disorot

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 19:27 WIB
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) menyebut sedikitnya ada 17 anak yang meninggal dan tujuh anak mengalami...
Antara

Festival Sains dan Bahasa 2023 Kembali Hadir

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 15:41 WIB
Pendaftaran FSB 2023 dibuka mulai 1 Oktober 2022. Pengumuman finalis pada 23 Desember...
ANTARA

Menteri PPPA: Gunakan Batik di Berbagai Kesempatan Hingga Lestari

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 15:09 WIB
Bintang Puspayoga menambahkan batik merupakan warisan budaya Indonesia yang diakui secara nasional dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya