Sabtu 27 Agustus 2022, 16:02 WIB

Dukung Program Ketahanan Pangan Nasional Melalui Gowes Kemerdekaan

Widhoroso | Humaniora
Dukung Program Ketahanan Pangan Nasional Melalui Gowes Kemerdekaan

HO
Dr Andriko Noto Sutanto, Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan BPN.

 

DALAM rangka memperingati HUT Kemerdekaan ke-77 RI, para jurnalis pecinta olah raga sepeda yang tergabung dalam Komunitas Chemonk dan Kampung Agrinex menggelar 'Gowes Kemerdekaan Chemonk Bike Camp', 27-28 Agustus 2022 di Banten. Melalui kegiatan ini, Komunitas Chemonk dan Kampung Agrinex mendukung penuh program ketahanan pangan nasional yang dijalankan pemerintah.

Dalam Gowes Kemerdekaan kali ini, peserta akan menempuh perjalanan sepanjang 77 kilometer melewati beberapa titik wisata sejarah dan agro di Pandeglang, Banten dan finis di Kampung Agrinex. "Melalui kegiatan ini, kami mendukung penuh program ketahanan pangan yang dijalankan pemerintah," ungkap CEO yang juga pemilik Kampung Agrinex, Rifda Ammarina.

Di sisi lain, Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi menyambut baik kegiatan ini. Ia mengatakan sektor pangan dan energi mendapat tantangan yang cukup berat akibat pandemi Covid-19, perubahan iklim dan dinamika global. Karena itu, Indonesia harus serius mempersiapkan diri untuk menghadapi ancaman yaitu krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan yang dihadapi dunia internasional.

"Penganekaragaman dan pengembangan pangan lokal menjadi salah satu upaya untuk mengatasi berbagai tantangan tersebut. Dari sisi kebutuhan gizi, penganekaragaman konsumsi pangan akan berpotensi untuk memperbaiki status gizi masyarakat dengan lebih baik," katanya.

"Untuk dapat hidup sehat, aktif, dan menjalankan aktivitas fisik dengan baik perlu menerapkan pola konsumsi pangan yang sehat, yaitu dengan konsumsi pangan Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA) berbasis potensi sumber daya lokal," imbuh Arief.

Dijelaskan, pangan B2SA adalah aneka ragam bahan pangan baik sumber karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang bila dikonsumsi dalam jumlah yang seimbang dapat memenuhi kecukupan gizi. "Dengan tubuh dan pikiran yang selalu sehat, tentunya semua aktivitas, bekerja, bersepeda dapat dijalankan dengan baik, kesejahteraan dan kualitas hidup juga dapat meningkat," katanya.

Lebih jauh, Arief mengatakan dengan menjalankan pola hidup sehat dengan berolah raga seperti bersepeda dan mengkonsumi makanan bergizi,
akan membuat masayarakat bisa menjalankan berbagai aktivitas dengan baik, kesejahteraan dan kualitas hidup juga dapat meningkat.

"Selain aktivitas fisik, gaya hidup sehat juga dapat dilakukan dengan menerapkan pola konsumsi pangan yang sehatbaik saat sarapan, makan siang ataupun makan malam yang akan menghasilkan sumber daya manusia  berkualitas untuk menjadi pondasi bangsa yang kuat," jelasnya. (RO/OL-15)

Baca Juga

MI/ Ramdani

IDI: Penentuan Status Endemi Jangan Terburu-buru

👤Ant 🕔Senin 26 September 2022, 22:29 WIB
Menurut Adib, terdapat sejumlah indikator yang harus menjadi dasar untuk dipenuhi menjadi...
DOK Youtube.

Para Ulama Sepakat Roh itu Makhluk atau Diciptakan Allah

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 22:04 WIB
Sejumlah orang berpendapat bahwa ruh atau roh dalam bahasa Indonesia bukanlah makhluk atau yang diciptakan. Pendapat tersebut dibantah...
Antara

17.097 Orang Divaksin Kedua Hari Ini

👤MGN 🕔Senin 26 September 2022, 21:58 WIB
Total 171.094.922 orang telah menerima vaksin lengkap per Senin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya