Jumat 29 Juli 2022, 17:27 WIB

Urutan Skincare untuk Pagi Hari

Meilani Teniwut | Humaniora
Urutan Skincare untuk Pagi Hari

Antara/Asprilla Dwi Adha.
Ilustrasi.

 

URUTAN skincare pada pagi hari menjadi salah satu faktor penting dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Mulai dari pembersih hingga sunscreen, sebaiknya kamu tidak melewatkan perawatan dan perlindungan wajah pagi hari sebelum beraktivitas.

Masing-masing kondisi kulit dapat membutuhkan urutan pemakaian skincare pagi yang berbeda-beda. Untuk itu, kamu harus mengenali jenis dan kebutuhan kulitmu. 

Urutan skincare pagi

Untuk mendapatkan manfaat skincare secara maksimal, Anda perlu mengetahui urutan pakainya yang tepat. Perlu diketahui bahwa ada sedikit perbedaan urutan skincare pagi dan malam hari. Pada pagi hari, penggunaan produk skincare bertujuan melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet (UV) matahari dan polusi udara.

1. Sabun pembersih wajah

Urutan skincare pagi hari yang benar yaitu cuci muka pakai sabun pembersih khusus, baik facial wash atau facial foam. Membersihkan wajah dengan sabun cuci muka setelah bangun pagi bertujuan menghilangkan minyak dan kotoran yang menumpuk semalaman saat Anda tidur. Jika wajah sudah bersih, produk-produk selanjutnya yang akan digunakan menjadi lebih mudah menempel dan meresap ke dalam kulit wajah.

2. Toner wajah

Urutan pemakaian skincare pagi berikutnya yaitu toner wajah. Toner wajah berfungsi membantu mengangkat sisa-sisa kotoran dan minyak berlebih yang mungkin masih menempel setelah Anda membersihkan wajah.

Penggunaan toner juga berfungsi membantu mengembalikan pH kulit yang hilang saat tahapan mencuci muka. Selain itu, toner bisa membantu mempersiapkan kulit sebelum menggunakan produk skincare lain, seperti serum dan pelembap.

Penggunaan toner untuk kulit berjerawat dengan kandungan tertentu dapat membantu meredakan peradangan, mengempiskan jerawat, serta mencegah kemunculan jerawat baru di kemudian hari.

3. Essence

Bagi Anda yang keranjingan skincare, tentu sudah tidak asing lagi dengan produk essence. Ya, banyak perempuan yang mewajibkan essence sebagai salah satu produk perawatan wajah wajib hariannya. Ini termasuk dalam urutan pemakaian skincare pagi.

Essence adalah cairan berbahan dasar air dengan konsentrasi bahan aktif tinggi. Essence berfungsi melembapkan dan membantu produk skincare selanjutnya agar dapat meresap lebih baik ke dalam kulit.

Essence juga dapat membantu menenangkan dan menutrisi kulit serta mencegah penuaan. Hal ini berkat kandungan hyaluronic acid, gliserin, dan vitamin C yang tinggi di dalamnya.

Anda dapat menggunakan essence dalam urutan pemakaian skincare sesudah memakai toner atau sebelum menggunakan serum wajah. Caranya, cukup tuang beberapa tetes essence ke telapak tangan lalu usapkan ke seluruh permukaan wajah dengan cara menepuk-nepuk wajah secara perlahan.

4. Serum wajah

Selanjutnya, urutan pemakaian skincare pagi yaitu serum wajah. Serum wajah ialah cairan bertekstur ringan yang mengandung konsentrasi zat aktif lebih tinggi. Serum dianggap lebih efektif meresap ke dalam kulit dibandingkan pelembap atau krim wajah. 

Cara memakai serum wajah yaitu menuangkannya ke telapak tangan secukupnya atau seukuran lebih besar dari kacang polong. Lalu, oleskan serum tersebut ke seluruh permukaan wajah hingga leher secara merata.

Tepuk-tepuk area wajah dan leher secara perlahan agar serum wajah dapat menyerap ke dalam kulit dengan sempurna.
Untuk hasil yang maksimal, profesor dari departemen dermatologi Harvard Medical School, Dr. Maryam M. Asgari menekankan bahwa serum harus dioles pada kulit yang sudah bersih. 

Setelah terserap benar, urutan pemakaian skincare bisa dilanjutkan dengan menggunakan pelembap atau moisturizer.

5. Pelembap atau moisturizer

Anda mungkin bertanya-tanya, moisturizer dipakai kapan dalam urutan skincare pagi dan malam. Jawabannya setelah cuci muka dan menggunakan toner, essence, dan serum wajah, serta sebelum menggunakan tabir surya.

Bagi pemilik kulit wajah kering, pilihlah pelembap dengan tekstur krim. Tekstur krim yang lebih tebal juga bisa dipilih oleh pemilik kulit wajah normal dan kulit wajah kombinasi. Sementara itu, pelembap bertekstur cair atau gel cocok digunakan oleh tipe kulit wajah berminyak.

Cara memakai pelembap, yakni ambil pelembap dengan ukuran sedikit lebih besar dari ukuran kacang polong ke telapak tangan. Oleskan pelembap pada area pipi terlebih dahulu, lalu oleskan ke atas menuju dahi dengan gerakan memijat.

Lewati penggunaan pelembap apabila toner atau serum wajah sudah cukup melembapkan kulit, terutama bagi pemilik kulit berminyak. Gunakanlah produk pelembap yang sesuai dengan jenis kulit serta target masalah kulit yang dialami.

6. Tabir surya atau sunscreen

Menggunakan tabir surya atau sunscreen merupakan urutan skincare pagi hari yang wajib digunakan setiap hari. Produk perawatan wajah satu ini berfungsi membantu melindungi wajah dari penuaan akibat paparan sinar matahari. 

Anda disarankan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30. Cara menggunakan sunscreen yaitu oleskan produk ke seluruh permukaan wajah seraya memijatnya dengan gerakan memutar searah jarum jam secara perlahan. Pastikan untuk mengoleskan sunscreen 15-30 menit sebelum pergi ke luar rumah agar dapat meresap dengan baik.

Setelah urutan skincare pagi hari selesai, Anda bisa langsung menggunakan produk make up atau riasan wajah yang diinginkan. Tahukah kamu bahwa waktu penggunaan skincare yang salah akan berdampak pada hasil serta reaksi kulit. Oleh karena itu penting bagi kamu untuk paham seputar waktu penggunaan skincare pada pagi hari. Berikut penjelasannya. 

Waktu tepat gunakan skincare pagi 

Skincare terdiri dari dua macam jenis yaitu untuk penggunaan pagi dan malam hari. Untuk penggunaan pagi, biasanya memiliki kandungan yang aman jika terkena paparan sinar matahari. Sebaliknya untuk skincare malam hari cenderung kurang bersahabat atau tidak boleh terkena paparan sinar matahari. 

Selain itu, waktu penggunaan setiap produk skincare juga berbeda-beda. Ada jam-jam tertentu yang harus kamu perhatikan supaya manfaat dari produk skincare tersebut benar-benar dirasakan oleh kulit wajah kamu. 

Jam 07.00 untuk facial wash. Jauhkan niat kamu untuk mager-mageran di pagi hari sambil scrolling akun sosmed ya. Ketimbang melakukan hal sia-sia itu, lebih baik segera ke kamar mandi dan bersihkan muka dengan facial wash favorit kamu. 

Mencuci wajah di pagi hari bisa mengangkat semua kotoran dan minyak yang menempel di wajah selama kamu tidur. Akibatnya, wajah menjadi jauh lebih segar dan kamu semakin siap untuk mengawali hari kamu. 

Baca juga: Apa Saja Sih Urutan Skincare Malam Hari? Ini Urutannya, Jangan sampai Tertukar

Jam 09.00 untuk shooting gel. Setelah kamu membersihkan muka, selanjutnya gunakan shooting gel yang sesuai dengan tipe kulit kamu. 

Shooting gel berguna banget untuk melembapkan dan menenangkan kulit wajah sebelum beraktivitas. Shooting gel juga bisa kamu gunakan sebagai base make up agar menghasilkan look yang flawless. 

Jam 10.00 untuk moisturizer dan sunscreen. Jika kamu terbiasa beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa gunakan moisturizer dan sunscreen setelah penggunaan soothing gel. Kedua jenis skincare pagi hari ini bermanfaat melembapkan dan melindungi kulit dari bahaya sinar UV. 

Pertama, aplikasikan moisturizer ke seluruh wajah dan tunggu hingga meresap ke dalam kulit. Setelah itu, barulah gunakan sunscreen dengan takaran kurang lebih dua ruas jari. 

Setelah dirasa sudah kering dan meresap ke wajah, kamu bisa menggunakan make up atau produk lain. Jangan lupa pilih jenis sunscreen dengan SPF tinggi agar perlindungan untuk kulit kamu semakin maksimal. (OL-14)

Baca Juga

Ist

Gerakan Pramuka Solusi Atasi Kecanduan Gawai pada Anak dan Remaja

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 12:42 WIB
Gerakan Pramuka yang biasanya dipenuhi dengan kegiatan alam, ketrampilan dan persaudaraan bisa mengalihkan perhatian sejenak dari...
Ist

Makassar International Eight Festival and Forum 2022 pada 7 - 11 September 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 11:39 WIB
MAKASSAR International Eight Festival and Forum atau yang dikenal dengan sebutan F8 membawa energi positif bagi pelaku industri kreatif dan...
Ist

Pengendalian Karhutla Kunci Menuju FOLU Net Sink 2030

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 11:27 WIB
Indonesia’s FOLU Net Sink 2030 merupakan skenario penurunan 60% emisi GRK nasional lewat pengurangan GRK di sektor kehutanan dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya