Rabu 13 Juli 2022, 21:31 WIB

Saat Membeli Barang, Ketahui Arti Kata OEM

Mesakh Ananta Dachi  | Humaniora
Saat Membeli Barang, Ketahui Arti Kata OEM

Antara
Ilustrasi pekerja menjaga stand laptop di suatu pameran.

 

JIKA kamu seorang yang aktif berada di sektor komersial, terutama pada alat transportasi, komponen kendaraan, dan juga teknologi, kamu pasti familiar dengan istilah OEM atau Original Equipment Manufacture. 

Namun, seringkali konsumen bingung untuk membedakan istilah OEM, orisinal. Untuk itu, mari kita pelajari lebih lanjut perbedaannya:

Pengertian OEM

Original Equipment Manufacture atau lebih dikenal dengan istilah OEM, adalah sebutan untuk mengidentifikasikan sebuah produk, berdasarkan pada bagaimana produk itu dibuat. Artinya, pada sebuah produksi, adanya komponen yang digunakan yang berasal dari perusahaan lain, atau bukan dari produsen asli produk tersebut.

Hal ini biasa ditemukan pada komersial di bidang teknologi, dan alat transportasi. Misalnya, pada gawai seperti laptop, yang menggunakan prosesor Intel dan AMD. Di mana merupakan produsen independen yang berbeda dari perusahaan laptop tersebut. Bukan hanya peralatan teknologi, pada alat transportasi juga bisa ditemukan, seperti kendaraan yang komponen, ban dan setang berasal dari perusahaan lain. 

Baca juga: Waspada Pencurian Data Pribadi di Media Sosial

Keadaan ini merupakan hal yang cukup lazim dalam dunia komersial. Penggunaan sebuah produk dari produsen lain, bukan berarti menunjukkan ketidakmampuan untuk membuat sebuah komponen yang sama. Namun, seringkali hal ini dipengaruhi oleh kepentingan bisnis agar lebih efisien.

Perbedaan OEM dan Orisinal

Asal OEM sendiri merupakan sebuah komponen yang dibuat oleh perusahaan, yang tujuannya, cenderung untuk melengkapi sebuah produk. Artinya, komponen tersebut tidak akan bisa digunakan, atau tidak akan memiliki performa maksimal bila belum menjadi sebuah produk yang terunifikasi. 

Sedangkan untuk orisinal sendiri, produknya sepenuhnya berasal dari perusahaan pertama, seluruh komponen yang membangun produk tersebut, dibuat oleh perusahaan yang sama.

Harga 

Untuk harga, produk OEM cenderung lebih murah saat dibeli, jika sudah berada pada sebuah produk yang satu. Misalnya, saat kita ingin menggunakan sebuah software microsoft, dengan rentang harga yang hampir sama dengan sebuah laptop yang berada di kelas rendah. 

Baca juga: Twitter Gugat Elon Musk karena Pelanggaran Kontrak

Artinya, untuk harga sendiri, jauh lebih baik apabila kita membeli pada produk yang sudah terunifikasi. Harga yang lebih murah disebabkan oleh perjanjian antara perusahaan awal dengan perusahaan yang menggunakan produk OEM.

Pemasaran 

Untuk produk orisinil, pemasaran biasanya dilakukan dengan cara yang biasa, yaitu memasarkan produk dengan fitur fiturnya. Namun, apabila sebuah produk menggunakan OEM sebagai komponennya. Terutama, jika OEM tersebut juga cukup terkenal, pemasaran akan dilakukan dengan menyebutkan komponen OEM tersebut.

Misalnya, pada produk laptop Dell yang menggunakan prosesor Intel. Dalam pemasarannya, Dell menyebut Intel sebagai komponennya. Strategi ini, bisa membantu kedua perusahaan untuk menambah ketertarikan konsumen pada produk yang dipasarkan.(OL-11)

Baca Juga

ANTARA/Agha Yuninda

PPKM di Jawa-Bali Diperpanjang, Semua Daerah Level 1

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 07:43 WIB
Safrizal mengatakan penetapan level 1 di semua daerah berdasarkan pertimbangan para pakar. Kemudian mempertimbangkan kondisi faktual di...
Dok. ITB

Harapan Orangtua dan Guru

👤Riama M Sihombing/M-1 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 07:40 WIB
ADANYA buku taktil 3D Printing mendapat sambutan positif. Orangtua dari anak-anak tunanetra yang berada di Low Vision Center menyambut baik...
Dok. Pribadi

Batik Cirebonan dalam Buku Taktil 3D-Printing

👤Riama Maslan Sihombing Kelompok Keahlian Komunikasi Visual dan Multimedia 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 07:35 WIB
Dengan buku ini anak-anak tunanetra dapat memiliki pengalaman secara taktual dengan meraba motif batik yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya