Minggu 15 Mei 2022, 20:48 WIB

ASEAN Sepakat Standarisasi Sertifikat Vaksin

Theofilus Ifan Sucipto | Humaniora
ASEAN Sepakat Standarisasi Sertifikat Vaksin

Medcom
Ilustrasi

 

MENTERI Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) mengakui sertifikat vaksinasi covid-19 antarnegara. Kesepakatan itu bakal membawa banyak manfaat.

“Secara tidak langsung, sertifikat vaksinasi ini dapat membantu mendorong kegiatan ekonomi untuk memastikan kembalinya bisnis, termasuk pariwisata setelah pandemi covid-19,” kata Budi dalam keterangan tertulis, Minggu (15/5)

Budi mengatakan standar yang sama juga memudahkan masyarakat di negara ASEAN. Mereka bisa bermobilisasi antarnegara dengan lebih mudah dan aman.

“Standar ini juga dapat meminimalkan paparan virus covid-19 termasuk memaksimalkan potensi perjalanan internasional yang aman,” papar mantan Wakil Menteri BUMN itu.

Budi mengatakan implementasi verifikasi sertifikat vaksinasi covid-19 dilakukan secara sukarela. Seluruh negara di ASEAN dapat menggunakan mekanisme yang berlaku di wilayah masing-masing.

“Penggunaan sertifikat vaksinasi covid-19 tetap menjunjung tinggi hukum yang berlaku, peraturan keimigrasian, dan protokol kesehatan wajib di masing-masing negara anggota ASEAN,” pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

MI/ Andri Widiyanto

82,59% Remaja Sudah Divaksinasi Lengkap

👤MGN 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 23:42 WIB
Sebanyak 25.520.583 remaja telah menerima vaksin dosis pertama. Jumlah itu sama dengan 95,56 persen dari...
Ist

Rumah Sakit Premier Jatinegara Raih The Best Indonesia Hospital of The Year

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 23:12 WIB
Pada acara bertaraf internasional ini RS Premier Jatinegara berhasil meraih penghargaan dari Global Health Asia-Pacific Award 2022 kategori...
DOK MI.

Kapan Mulai Puasa Ayyamul Bidh 2022? Ini Penjelasan dan Tata Caranya

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 22:26 WIB
Puasa ayyamul bidh merupakan puasa sunah yang dijalankan setiap pertengahan bulan. Untuk Agustus jadwal puasa ayyamul bidh sebagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya