Selasa 10 Mei 2022, 12:30 WIB

Kemenkes Diminta Percepat Skenario PCR Jemaah Haji

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Kemenkes Diminta Percepat Skenario PCR Jemaah Haji

ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Petugas medis menyuntikan vaksin kepada jemaah calon haji saat Vaksinasi di Rumah Sakit Ortopedi Prof. Soeharso, Sukoharjo, Jawa Tengah,

 

DIRJEN Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mempercepat dan mensosialisasikan pemberian vaksin kepada jemaah haji khususnya jemaah yang akan berangkat pada tahun ini.

Kemenkes juga diminta menyusun skenario pemberian PCR dengan hasil negatif Covid-19 72 jam sebelum jemaah berangkat ke Arab Saudi.

"Kemenkes bisa mempercepat pemberian vaksin dosis lengkap kepada jemaah," kata Hilman, Selasa (10/5).

Terkait pemberian dan penyerahan hasil tes PCR dengan hasil negatif sebelum 72 jam sebelum Keberangkatan ke Saudi, Hilman menegaskan agar Kemenkes menyusun skenario tersebut sehingga jemaah haji saat keberangkatan ke Tanah Suci sudah keluar hasil PCR negatifnya.

Baca juga: Jemaah Haji di Atas 65 Tahun Dapat Prioritas Diberangkatkan Tahun Depan 

"Kemenkes juga harus menyusun skenario pemberian PCR 72 jam dengan hasil negatif sebelum jemaah diberangkatkan, sehingga saat keberangkatan ke Tanah Suci sudah clear," ujar Hilman.

Sementara itu Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes Budi Sylvana meminta Ditjen PHU agar segera menyusun Surat Edaran (SE) pemberian vaksin kepada jemaah haji. Menurutnya dengan adanya SE tersebut bisa mempercepat pemberian vaksin covid-19 dan vaksin meningitis.

"Di lapangan, jemaah haji sering meminta apakah ada surat edaran dari Kemenag terkait pemberian vaksin tersebut," kata Budi. (Iam/OL-09)

Baca Juga

Frepik.com

Inovasi Deteksi Dini Tingkatkan Cangkupan Skrining Kanker Serviks di Indonesia

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 19 Mei 2022, 22:49 WIB
Meski termasuk jenis kanker yang mematikan, ternyata risikonya dapat dicegah dengan pemeriksaan secara terpersonalisasi sejak...
Dok. Pribadi

Fahmi Mubarok, Ilmuwan dan Dosen ITS Terpilih Jadi Finalis European Inventor Award 2022:

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 22:32 WIB
Temuan pelapis keramik semprot yang inovatif itu dirancang untuk memperpanjang masa pakai komponen yang digunakan di berbagai industri...
Antara/Ampelsa

BRIN Dukung Upaya Pengendalian PMK di Indonesia

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 19 Mei 2022, 22:19 WIB
Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional !(BRIN) Laksana Tri Handoko menjelaskan, PMK merupakan penyakit infeksi virus yang bersifat akut...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya