Senin 02 Mei 2022, 11:56 WIB

Mahfud MD Sebut Idulfitri Momentum Menyucikan Kembali NKRI

Rahmatul Fajri | Humaniora
Mahfud MD Sebut Idulfitri Momentum Menyucikan Kembali NKRI

MI/Susanto
Menkopolhukam Mahfud MD menyampaikan khutbah usai menjalankan Salat Idulfitri di Masjid Nursiah Daud Paloh, Jakarta, Senin (2/5).

 

MENKOPOLHUKAM Mahfud MD mengajak semua elemen menyucikan kembali Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bertepatan dengan Hari Raya Idulfitri 1443 H. Hal tersebut disampaikan Mahfud saat menjadi khatib pada Salat Idulfitri di Masjid Nursiah Daud Paloh, Kompleks Media Grup, Kedoya, Jakarta Barat, Senin (2/5).

Mahfud mengatakan Idulfitri menjadi momentum bagi umat Islam untuk menyucikan diri dan saling bermaaf-maafan. Selain itu, sebagai makhluk sosial, ia juga meminta umat Islam untuk bersama-sama menyucikan kembali NKRI.

"Dalam kesempatan ini, saya mengajak kita kembali ke kesucian sebagai makhluk sosial, makhluk yang hidup bersama dan yang mempunyai negara yaitu NKRI. Jadi nkri adalah entitas kenyataan fakta yang juga harus disucikan kembali," kata Mahfud.

Baca juga: Mahfud MD Minta Masyarakat Jadikan Mudik Sebagai Ibadah

Mahfud menjelaskan menyucikan kembali NKRI maksudnya ialah mengembalikan negara ke idealisme asal dan filosofi pendiriannya. 

Ia mengatakan, berdasarkan UUD 1945, Indonesia mempunyai cita-cita untuk merdeka, bersatu, berdaulat, dan adil makmur. Ia berharap Indonesia segera meraih hal tersebut dan terus bersatu dalam perbedaan.

"Kita fitrahkan Indonesia ini kembali ke asal kejadian Indonesia itu merdeka, bersatu, berdaulat, mudah-mudahan bisa adil dan makmur, itu kefitrahan Indonesia yang ditulis dalam UUD bahwa kita bersatu dalam perbedaan, merdeka dalam kebersamaan, maju dalam kegotongroyongan, itu Indonesia," katanya. (OL-1)

Baca Juga

Dok Jangjo

Startup Jangjo Indonesia Hadirkan Instalasi Gunung Sampah

👤Humaniora 🕔Rabu 29 Juni 2022, 09:40 WIB
Tujuan pameran instalasi ini adalah memberikan gambaran bahwa sampah-sampah yang dibuang setiap harinya memiliki nilai dan banyak yang...
Ist

Gelar Festival Nusantara Gemilang, Kapolri: Pesan Moral Pentingnya Jaga Persatuan-Kesatuan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 09:34 WIB
Kapolri menghadiri acara 'Festival Nusantara Gemilang' yang merupakan pagelaran pentas seni dan budaya. Kegiatan ini, masih dalam...
healthline.com

Jus Bit Tekan Risiko Penyakit Jantung Akibat Inflmasi

👤Indrastuti 🕔Rabu 29 Juni 2022, 08:54 WIB
Pada orang dengan penyakit jantung koroner, inflamasi atau peradangan terus-menerus dapat memperburuk bulu arteri. Hal ini bisa ditekan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya