Kamis 28 April 2022, 18:01 WIB

Pelabuhan Merak Dipadati Pemudik, ASDP Minta Maaf Pemudik Mengantre Lama

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Pelabuhan Merak Dipadati Pemudik, ASDP Minta Maaf Pemudik Mengantre Lama

Antara/Asep Fathulrahman
Kemacetan di plebuhan merak karena membludaknya pemudik

 

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menerangkan, 306.898 orang dan 72.540 unit kendaraan telah meninggalkan pulau Jawa menuju Sumatera melalui Pelabuhan Merak, Banten hingga Kamis pagi, (28/4).

Sejak H-9 Lebaran, arus kendaraan dan pemudik yang menyeberang dari Merak menuju Bakauheni mengalami peningkatan signifikan, khususnya mobil pribadi dan truk logistik. Alhasil, ada antrean panjang.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jasa yang mengalami antrean lama saat menuju pelabuhan maupun saat naik kapal," kata Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin dalam rilisnya, Kamis (28/4).

Atas diskresi pihak Kepolisian, untuk mengantisipasi antrian di kantong parkir Pelabuhan Merak akibat volume kendaraan yang tinggi, maka dilakukan sistem buka tutup di jalur Cikuasa Atas atau setelah exit toll Merak. 

ASDP mengimbau kepada seluruh pengguna jasa yang akan melakukan perjalanan mudik dengan kapal ferry, terutama di lintas Merak-Bakauheni agar mengatur waktu perjalanan dan melakukan reservasi tiket secara mandiri melalui aplikasi Ferizy.

Pasalnya, banyak pemudik yang masih tidak mengetahui bahwa pembelian tiket tidak lagi di pelabuhan alias melalui Ferizy.

"Mohon atur perjalanan sedini mungkin untuk hindari antrean di pelabuhan," ucapnya. 

Baca juga : Rest Area Tol Cipali Dibanjiri Pemudik, Kemenhub Ingatkan Aturan Batas 30 Menit

Untuk pengguna layanan eksekutif Merak-Bakauheni pastikan pemudik tiba di pelabuhan sesuai jam masuk pelabuhan yang dipilih mengingat kuota terbatas. Adapun waktu check ini di pelabuhan 3 jam sebelum jadwal masuk pelabuhan.

"Kami juga mohon pengertian pengguna jasa, agar tetap bersabar dan disiplin dalam mengatur waktu perjalanan karena menjelang puncak arus mudik," pinta Shelvy 

Volume pemudik dan kendaraan diperkirakan akan terus meningkat khususnya pada malam hingga dini hari sehingga berdampak pada antrian saat akan menuju ke kapal.

ASDP menyebut, puncak arus mudik pada tanggal 29 dan 30 April 2022 (H-3 dan H-2), dan prediksi arus balik pada tanggal 7 dan 8 Mei 2022 (H+4 dan H+5),"

Adapun antisipasi yang dilakukan perseroan untuk mengurai kepadatan antara lain menambah kapal di lintas Merak - Bakauheni dari 29 menjadi 40 unit kapal, penambahan trip.

Lalu, pengoperasian kapal berukuran di atas 10.000 gross tonnage/GT, percepatan waktu bongkar muat (port time) dan juga pengoperasian dermaga 1 Merak pascaperbaikan yang dilakukan untuk mendukung peningkatan produksi penyeberangan. (OL-7)
 

Baca Juga

ANTARA

Mengenal Purwakanthi dalam Bahasa Jawa

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Rabu 08 Februari 2023, 20:42 WIB
Secara garis besar, purwakanthi dapat diartikan sebagai mengulang atau mengikuti kata yang di awal atau kata...
dok.tangkapan layar

Mahfud MD : Erick Thohir Berhasil Dorong Modernisasi Banser NU

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 20:40 WIB
Menkopolhukam Mahfud MD menilai Erick Thohir berhasil mendorong kemajuan dan modernisasi Barisan Ansor Serba Guna...
DOK MI

Pemerintah Didesak Bentuk Tim Investigasi Independen Kasus Gagal Ginjal

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 08 Februari 2023, 20:35 WIB
Pemerintah didesak untuk segera membentuk tim investigasi terkait kasus Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya