Selasa 19 April 2022, 22:37 WIB

Pemuda Asal Ciwidey Ini Tembus Final LOmba Tilawah Alquran Tingkat Internasional di Arab Saudi 

Mediaindonesia.com | Humaniora
Pemuda Asal Ciwidey Ini Tembus Final LOmba Tilawah Alquran Tingkat Internasional di Arab Saudi 

Dok. Rpibadi
Salman Amrullah saat lomba Tilawah Alquran

 

PUTRA daerah asli Cidewey, Jawa Barat Salman Amrullah berhasil mewakili Indonesia tampil di lomba Athrul Kalam" atau melantukan ayat Suci Alquran tingkat Internasional. Kontes tersebut diselenggarakan pemerintah Arab Saudi dengan total hadiah mencapai 12 juta Riyal.  

Lomba yang diikuti lebih dari 40.000 peserta dari 80 negara di seluruh dunia berhasil membawa salman lolos ke babak final. Ia berhasil lolos setelah menyingkirkan kontestan lainnya.  

Sementara untuk Indonesia sendiri berhasil mengirim 449 kontestan, yang terbagi menjadi 252 kontestan di bidang tilawah Alquran, dan 197 kontestan lainnya dalam perlombaan azan.  

Pria yang terlahir dari pasangan KH Usman Baihaqi dan Entin Wartini ini, juga memiliki sekolah Al-Qur'an Al-Karim di desanya dan ia mempunyai mimpi untuk memperluas sekolah tersebut hingga ke seluruh negeri.  

Baca juga : Presiden: Maknai Nuzulul Quran untuk Menjaga Keberagaman 

Lomba tersebut juga dianggap sebagai lomba pertama di dunia yang menggabungkan dua cabang perlombaan sekaligus, yaitu membaca Al-Qur'an dan mengumandangkan azan dalam satu acara. 

Kontestan berusia 31 tahun itu mengungkapkan menyukai suara beberapa syekh dari negeri Arab di bidang tilawah Al-Qur'an Al-Karim. khususnya Qori’ Mesir, Mahmoud El-Shahat, karena ia menganggap bahwa suaranya sangat mirip dengannya dari segi makhraj huruf dan lafazh. 

Setelah menyelesaikan tingkat Ibtidaiyah di Desa Panyocokan Ciwidey, ia melanjutkan tingkat tsanawiyah di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Falah Cicalengka pimpinan K.H. Ahmad Syahid. 

Sebelumnya, Amrullah juga beberapa kali telah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional melalui bidang seni membaca Alquran, seperti di Teheran, Iran, pertengahan April 2019 lalu. Ia mampu menyisihkan qari dan qariah dari 83 negara di ajang tersebut. (RO/OL-7)

Baca Juga

Antara

Itagi Kaji Vaksinasi Covid-19 untuk Balita

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 14:35 WIB
Kajian yang dilakukan untuk vaksinasi covid-19 pada anak cukup banyak dan pelik. Hal itu berbeda dengan kajian terhadap vaksinasi untuk...
Antara

Atasi PMK, Pemerintah Gencarkan Vaksinasi Darurat pada Ternak

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 14:07 WIB
Sejauh ini, distribusi vaksin PMK sudah menyasar 19 provinsi tertular PMK, seperti Aceh, Lampung, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Jawa...
ANTARA / ADITYA PRADANA PUTRA

BMKG: Selatan Jakarta Berpotensi Diguncang Gempa Signifikan

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 13:25 WIB
BMKG punya banyak bukti catatan gempa kecil bahkan dengan magnitudo 4,5 mampu menimbulkan kerusakan karena hiposenternya dangkap dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya