Selasa 15 Maret 2022, 19:55 WIB

Program Citarum Harum Harus Selesai Pada 2025

Reza Sunarya | Humaniora
Program Citarum Harum Harus Selesai Pada 2025

MI/Reza Sunarya
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan saat meninjau program DAS Citarum di Waduk Jatiluhur Purwakarta, Selasa (15/3).

 

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengajak seluruh institusi kompak, bekerja sama, dan berintegrasi untuk mencapai target program Citarum Harum pada 2025 mendatang. Ajakan itu disampaikan saat melakukan meninjau program Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (15/3).

Menurut Luhut, kegiatan budi daya di DAS Citarum harus ditata dan dikelola dengan baik. Semua pihak harus berkolaborasi kedati tidak mudah, namun kalau suma kompak, bekerja secara terintegrasi tidak ada yang tidak bisa diselesaikan. "Semua harus di tata bukan berarti tidak boleh ada keramba namun jumlahnya harus sesuai dengan daya tampung  danau tersebut," kata Luhut.

Sementara Gubernur Jawa Barat yang juga menjadi Komandan Satgas Citarum Harum, Ridwan Kamil mengatakan Indeks Kualitas Air (IKA) Citarum kini mengalami perkembangan, dimana sejak awal program Citarum Harum pada 2018 lalu, berada pada angka 33,43 poin dan berstatus cemar berat.

Pada 2021 capaian Indeks Kualitas Air (IKA) Citarum berada di angka 50,13 poin dengan berstatus cemar ringan. Ditargetkan pada 2025 mendatang, di akhir program Citarum Harum, kualitas air Sungai Citarum bisa mencapai mutu air kelas II dengan Indeks Kualitas Air (IKA) 60 poin.

Dalam kunjugannya LBP didampingi pula Menteri Kelauatan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono dan Gubernur Jawa Barat,Ridwan Kamil, serta Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. (OL-15)

Baca Juga

Antara

Update 10 Agustus: 5.926 Kasus Covid-19 Terdeteksi Hari Ini

👤MGN 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 17:22 WIB
Sementara itu, kasus aktif covid-19 bertambah 1.002 sehingga menjadi 52.043...
DOK Pribadi.

Rayakan 60 Tahun Berdiri, Hotel Indonesia Kempinski Gelar Pameran Seni

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 17:02 WIB
Merayakan 60 tahun berdirinya Hotel Indonesia, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta kali ini mempersembahkan keelokan seni Indonesia melalui...
Dok MGN

Lampung Post Luncurkan Aplikasi One Click

👤Andi Apriadi/Muklis Efendi 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 16:52 WIB
Transformasi itu merupakan bentuk kecintaan terhadap masyarakat dan ikut serta memajukan Provinsi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya