Jumat 18 Februari 2022, 11:20 WIB

Peneliti Untidar Ciptakan Prototipe Coil untuk Cegah Pendarahan Otak

Tosiani | Humaniora
Peneliti Untidar Ciptakan Prototipe Coil untuk Cegah Pendarahan Otak

dok.untidar
Peneliti Universitas Tidar Magelang, Jawa Tengah, Dr. Suyitno, berhasil menciptakan Prototipe Coil untuk mencegah pendarahan di otak

 

PENELITI Universitas Tidar (UNTIDAR) Magelang, Jawa Tengah, Dr. Suyitno, berhasil menciptakan Prototipe Coil yang dapat digunakan untuk mencegah pendarahan otak.

Otak bersama saraf tulang belakang berperan sebagai pusat kendali tubuh dan menyusun sistem saraf pusat. Saat otak mengalami pendarahan, pasti akan mempengaruhi seluruh tubuh manusia.

Coiling adalah metode yang digunakan untuk menangani kasus aneurisma. Aneurisma otak adalah penonjolan atau pe mbengkakan pada arteri di otak. Aneurisma yang menonjol menekan saraf atau jaringan otak.

Membengkaknya bagian pembuluh darah mengakibatkan resiko pecahnya pembuluh darah ke jaringan di sekitarnya yang disebut pendarahan. Aneurisma yang pecah dapat menyebabkan stroke hemorrhagic, kerusakan otak, sakit kepala yang hebat, koma, dan bahkan kematian.

Tim peneliti ini berhasil mengidentifikasi proses, bahan dan instrument untuk coil dan pemasangan coil. Bahkan telah dihasilkan prototipe coil dengan material paduan Platinum-Tungsten oleh Dr. Suyitno, yang merupakan Dosen Program Studi S1 Teknik Mesin Universitas Tidar.

"Paduan Platinum-Tungsten merupakan material yang memenuhi persyaratan untuk Coil. Pengembangan material dilakukan di ITS Surabaya, sedangkan pengujian material dikerjakan Departemen Teknik Mesin SV-UGM," jelasSuyitno. (OL-13)

Baca Juga: KPH Notonegoro: Kalau Indonesia Mau Maju Jangan Malu Budaya Sendiri

Baca Juga

Freepik

Ini Keluhan Umum Pasien Serangan Jantung

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 27 September 2022, 10:45 WIB
Dia menyarankan seorang dengan keluhan nyeri dada hebat, apalagi ditambah sesak napas, dan keringat dingin segera mendapatkan perawatan di...
aa.com.tr

Program Vaksinasi Diperluas untuk WNA untuk Dukung Pariwisata

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Selasa 27 September 2022, 10:41 WIB
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan vaksinasi covid-19 untuk warga negara asing...
Ist

Lingkungan Kehidupan Beragama di Sekolah Harus Menyenangkan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 September 2022, 10:31 WIB
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengingatkan bahwa di lingkungan pendidikan dasar dan menengah Muhammadiyah kehidupan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya