Kamis 03 Februari 2022, 12:33 WIB

Kepala Daerah Diminta Tingkatkan Vaksinasi Menggunakan Cara Inovatif

Indriyani Astuti | Humaniora
Kepala Daerah Diminta Tingkatkan Vaksinasi Menggunakan Cara Inovatif

MI/Andri Widiyanto
Ilustrasi

 

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian terus meminta kepala daerah untuk melakukan terobosan dalam meningkatkan cakupan vaksinasi Covid-19.

"Perlu ada terobosan-terobosan kreatif dalam rangka mempercepat vaksinasi. Belajar dari pengalaman daerah-daerah lain yang sudah sukses,” ungkap Mendagri dalam keterangan tertulisnya, Rabu (2/2).

Mendagri menjelaskan, sejumlah strategi dapat diterapkan pemerintah daerah dalam meningkatkan laju vaksinasi. Pemerintah daerah bisa menerapkan pemberian vaksinasi berbasis pada administrasi pemerintahan, seperti yang dilakukan Pemerintah Bali melalui kampung dan DKI Jakarta lewat Rukun Warga (RW).

Pemerintah daerah, ujarnya bisa membangun pusat vaksinasi seperti di lapangan, mall, komunitas, dan sebagainya yang dapat diakses oleh masyarakat atau emberian vaksinasi dilakukan dengan berbasis mobile, yakni aktif mendatangi masyarakat.

Pemberian vaksinasi menurutnya juga dilakukan dari rumah ke rumah dengan menargetkan masyarakat lanjut usia (lansia). "Upaya proaktif ini penting karena mereka termasuk kelompok rentan terhadap ancaman Covid-19," terangnya.

Di antara strategi itu, lanjut Mendagri, ada pula pemerintah daerah yang melakukan berbagai terobosan kreatif lainnya. Ia mencontohkan dengan memberikan sembako, bantuan sosial, hingga menyediakan doorprize bagi masyarakat yang bersedia mengikuti vaksinasi. Ia mengapresiasi berbagai terobosan yang dilakukan pemerintah daerah dalam meningkatkan laju vaksinasi.

Selain itu, Mendagri meminta agar kepala daerah tetap mengampanyekan penerapan protokol kesehatan, terutama mengenakan masker kepada masyarakat.

Pemerintah daerah juga diminta menyiapkan skenario terburuk apabila terjadi lonjakan kasus pandemi antara lain, ujarTito, mempersiapkan fasilitas kesehatan, sarana dan prasarana, ketersediaan obat-obatan dan tenaga kesehatan. (OL-12)

Baca Juga

ANTARA

Kemenag Targetkan Seluruh Guru Madrasah Terlatih Kurikulum Merdeka

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 13:17 WIB
"Penerapan Kurikulum Merdeka pada madrasah masih berupa piloting dan belum semua menerapkan kurikulum, target tahun depan akan...
ANTARA/ WAHDI SEPTIAWAN

Dorong Revitalisasi Aset Kebudayaan Lewat Kenduri Swarnabhumi

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 12:35 WIB
Peradaban masyarakat Melayu dipercaya tumbuh dan berkembang di sepanjang sungai...
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

HUT ke-77 RI, Nadiem: Lanjutkan Gotong Royong, Wujudkan Merdeka Belajar

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 11:40 WIB
Kepada seluruh pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik di seluruh Tanah Air, mari lanjutkan gotong royong kita untuk memulihkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya