Jumat 21 Januari 2022, 14:23 WIB

Lawan DBD, Kemenkes Imbau Masyarakat Cegah Pengembangbiakan Nyamuk

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Lawan DBD, Kemenkes Imbau Masyarakat Cegah Pengembangbiakan Nyamuk

AFP
Ilustrasi - Nyamuk

 

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) mengingatkan kepada seluruh masyarakat saat ini terjadi kasus Demam Berdarah Dengue (DBD). Pencegahan DBD harus dicegah mulai dari Dinker hingga setiap rumah.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kemenkes, Didik Budijanto, mengimbau masyarakat melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) secara rutin.

Baca juga: Mensos Kunjungi Badui untuk Salurkan Bantuan Perbaikan Jalan

"Untuk masyarakat segera laksanakan PSN secara rutin, juga 3M Plus, kemudian laksanakan Pelaksanaan gerakan 1 Rumah 1 Jumantik (G1R1J)," kata Didik saat dihubungi, Jumat (21/1).

Untuk 3 M Plus sendiri yakni Menguras, Menutup, dan Memanfaatkan. Kemudian Plus yakni mencegah pengembangbiakan nyamuk dengan memelihara ikan, menggunakan obat anti nyamuk, dan sebagainya.

Sementara untuk pejabat setempat juga diminta bisa mengayomi warganya untuk bisa mencegah terjadinya pengembangbiakan jentik.

"Untuk Desa/Kecamatan sebaiknya hidupkan kembali Pokjanal Dengue atau Kelompok Kerja Operasional dengan memanfaatkan Integrasi dana Biaya Operasional Kesehatan (BOK) dan Dana Desa," ujar Didik.

Diketahui DBD pada 2021 dengan angka kumulatif mencapai 59.251 orang dengan angka kematian mencapai 569 kasus. Kasus DBD tertinggi berada pada kelompok umur 15-44 tahun.

Jumlah Suspek Dengue dari laporan Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR) sebanyak 60.228 suspek dengue.

Upaya yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk pengendalian DBD dengan cara PSN 3M Plus melalui Gerakan 1 rumah 1 jumantik mulai dari pintu masuk negara sampai rumah tangga.

"Kemudian menanam tanaman pengusir nyamuk seperti zodia, lavender, sereh dan lainnya. Masyarakat selalu menggunakan lotion anti nyamuk," ucapnya. (OL-6)

Baca Juga

MI/Adi Kristiasi

Puncak Peringatan Hari Lansia 2022 Digelar di Tasikmalaya

👤Adi Kristiadi 🕔Minggu 29 Mei 2022, 07:15 WIB
PERINGATAN Hari Lanjut Usia (HLUN) tahun 2022 siap digelar hari ini, Minggu (29/5), di Tasikmalaya dihadiri Menteri Sosial Tri...
dok.ist

Harlah ke-51, Hikmahbudhi Ajak Kader Tingkatkan Kontribusi ke Masyarakat

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Mei 2022, 07:10 WIB
PANCASILA yang merupakan dasar negara, menurut dia harus terus dibumikan dan merupakan sesuatu yang sudah final serta tidak bisa diganggu...
Fanny Laurensia

Kegigihan sang Juara Debat

👤Nike Amalia Sari 🕔Minggu 29 Mei 2022, 06:20 WIB
DEBAT menjadi ajang pertukaran pendapat mengenai suatu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya