Senin 17 Januari 2022, 15:39 WIB

Umrah Tetap Terlaksana dengan Sistem OGP

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Umrah Tetap Terlaksana dengan Sistem OGP

AFP
Ka'bah di Komplek Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi.

 

DIREKTUR Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Hilman Latief mengatakan penyelenggaraan umrah dari Indonesia tetap terus berjalan dengan tata pelaksanaan yang lebih teratur.

"Insyaallah lanjut dengan pengaturan jadwal yang lebih teratur dan jumlah jamaah yang terkendali atau managable sesuai dengan kapasitas karantina. Diatur flownya sesuai kapasitas karantina di Arab Saudi dan ketika pulang ke Tanah Air," kata Hilman saat dihubungi, Senin (17/1).

Dihubungi terpisah, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus, Nur Arifin mengatakan 16 Januari 2022 jam 20.00-22.30 WIB telah rapat dengan Dirjen Perhubungan Udara, Otoritas Bandara Soekarno-Hatta, Satgas Covid, Kementerian Luar Negeri, KBRI Riyadh, KJRI Jeddah, dan Kapuskes Haji Kemenkes membahas evaluasi umrah.

Baca juga: Klarifikasi Pernyataan Bawahannya, Menag: Umrah Tetap Diberangkatkan

"Kesimpulannya umrah tetap dilanjutkan dengan sistem satu pintu (one gate policy) melalui Asrama Haji Pondok Gede Jakarta untuk keberangkatannya. Karena jamaah umrah yang selama ini berangkat menggunakan OGP dari Asrama Haji terbukti hasil PCR 100 persen valid ketika di periksa di Saudi," jelas Nurul.

Selain itu dilakukan pemeriksaan terkait kelengkapan dokumen perjalanan dan dokumen kesehatan jamaah tertib dan lengkap. Sistem OGP juga akan terus dilakukan evaluasi di akhir bulan.

"Pengendalian jamaah umrah agar lebih ditekankan agar pelaksanaan ibadah umrah tidak menjadi penyebab merebaknya virus omikron," pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

Dok. Kemenkominfo

Siapkan SDM Digital Unggul Berdaya Saing, Kemenkominfo Sediakan Pelatihan dan Beasiswa

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 18 Mei 2022, 23:21 WIB
“Melalui pendidikan non-formal, berupa pelatihan pada tiga level keterampilan digital yakni Basic Digital Skill, Intermediate...
Dok. Bebek Kelyo

Restoran di Jakarta Ini Cocok Untuk DIkunjungi Bersama Keluarga, Apa Saja ? 

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 18 Mei 2022, 23:15 WIB
Kebersamaan bersama keluarga tetap dapat diciptakan, salah satunya lewat wisata kuliner ke sejumlah restoran yang ramah dengan...
MI/Ramdani

Manajemen Talenta Pilar Penting Peningkatan Kualitas SDM

👤 Azzahra Ayudia Putri, mahasiswa Ilmu Administrasi Negara Universitas Indonesia 🕔Rabu 18 Mei 2022, 22:50 WIB
PADA dasarnya aparatur sipil negara (ASN) merupakan tonggak penting dalam berjalannya proses...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya