Jumat 07 Januari 2022, 22:35 WIB

Daerah Diminta Segera Penuhi Kriteria Untuk Mendapatkan Vaksinasi Booster

M Iqbal Al Machmudi | Humaniora
 Daerah Diminta Segera Penuhi Kriteria Untuk Mendapatkan Vaksinasi Booster

AFP
Ilustrasi

 

PROGRAM penyuntikan vaksin penguat (booster) covid-19 rencananya akan dimulai 12 Januari 2022 dengan menargetkan 21 juta orang pada tahap awal. Satgas Penanganan Covid-19 meminta daerah untuk segera memenuhi syarat untuk merealisasikan program tersebut.

Apa saja kriterianya? Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan, program ini diprioritaskan bagi kabupaten/kota yang capaian dosis pertama sudah 70% dan 60% untuk dosis keduanya.

Lalu, penerimanya diperuntukkan bagi yang berusia di atas 18 tahun dan telah mendapatkan vaksin dosis kedua dengan jangka waktu lebih dari 6 bulan. Lebih jelasnya, status vaksinasi di tiap daerah dapat dilihat bersama di https://vaksin.kemkes.go.id.

"Bagi daerah yang belum memenuhi kriteria tersebut untuk dapat mengejar target vaksinasinya," kata Wiku, Jumat (7/1).

Ia menegaskan, fokus utama pemberian booster adalah memperkuat kekebalan di daerah yang kekebalan komunitasnya sudah mulai terbentuk.

Terkait dengan omikron, menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), analisis data awal omikron di Inggris dan Afrika Selatan, serta hasil uji dari para produsen vaksin, menunjukkan bahwa varian omikron masih dapat menyerang tubuh yang telah memiliki kekebalan atau imunitas terhadap covid-19. Baik kekebalan dari vaksinasi ataupun infeksi yang diderita sebelumnya.

Beberapa studi lain menyatakan bahwa antibodi spesifik yang terbentuk berkurang kemampuannya dalam melindungi terhadap omikron. Namun jenis kekebalan lain masih mampu melindungi.

"Untuk itu mari kita terus menjaga kebugaran tubuh kita yang diiringi dengan pengadaan studi-studi ilmiah yang dapat menguatkan pengendalian covid-19 di Indonesia," ujar Wiku. (H-2)

Baca Juga

MI/Adi Kristiasi

Puncak Peringatan Hari Lansia 2022 Digelar di Tasikmalaya

👤Adi Kristiadi 🕔Minggu 29 Mei 2022, 07:15 WIB
PERINGATAN Hari Lanjut Usia (HLUN) tahun 2022 siap digelar hari ini, Minggu (29/5), di Tasikmalaya dihadiri Menteri Sosial Tri...
dok.ist

Harlah ke-51, Hikmahbudhi Ajak Kader Tingkatkan Kontribusi ke Masyarakat

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Mei 2022, 07:10 WIB
PANCASILA yang merupakan dasar negara, menurut dia harus terus dibumikan dan merupakan sesuatu yang sudah final serta tidak bisa diganggu...
Fanny Laurensia

Kegigihan sang Juara Debat

👤Nike Amalia Sari 🕔Minggu 29 Mei 2022, 06:20 WIB
DEBAT menjadi ajang pertukaran pendapat mengenai suatu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya