Minggu 19 Desember 2021, 09:13 WIB

BMKG Prakirakan Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah Indonesia

mediaindonesia.com | Humaniora
BMKG Prakirakan Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah Indonesia

ANTARA/Prisca Triferna
Tangkapan layar prakiraan cuaca berbasis dampak di situs BMKG, Minggu (19/12)

 

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia termasuk sebagian besar Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Situs resmi BMKG, Minggu (19/12), menyatakan hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin berpotensi terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepuauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali.

Potensi serupa bisa terjadi di wilayah Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Papua Barat serta Papua.

Sementara hujan dengan intensitas lebih ringan dapat terjadi di daerah-daerah di DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan dan Maluku Utara.

Khusus untuk daerah Jakarta, hujan petir diprakirakan terjadi di wilayah Jakarta Selatan pada siang hari dengan hujan berintensitas sedang terjadi di Jakarta Timur.

Sementara hujan ringan berpotensi terjadi di Jakarta Barat dan Jakarta Pusat pada siang dan malam hari. Hujan ringan diprakirakan juga terjadi di Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu pada malam hari.

BMKG juga memperingatkan beberapa wilayah masuk dalam kategori siaga dampak hujan lebat yaitu wilayah Aceh dan Sumatera Utara.

Sementara wilayah yang masuk dalam kategori waspada adalah Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Banten dan Bali.

Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat juga masuk dalam kategori waspada. (Ant/OL-09)

Baca Juga

DOK/HUMAS PT POS INDONESIA

Menteri BUMN Mengungkap Visi untuk Kota Tua

👤Naviandri 🕔Minggu 26 Juni 2022, 21:30 WIB
Erick ingin Kota Tua juga mengalami transformasi serupa seperti...
HO

Pemerintah Ajak Masyarakat Cegah Ekstremisme di Media Sosial

👤Widhoroso 🕔Minggu 26 Juni 2022, 21:27 WIB
PADA era teknologi digital, penyebaran informasi berlangsung begitu cepat dan tanpa batas berkat keberadaan internet. Seluruh kalangan di...
MI/Susanto.

Hanya Dewan Pers yang Lakukan Sertifikasi Wartawan

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 26 Juni 2022, 21:18 WIB
Anggota Dewan Pers Ninik Rahayu menegaskan sertifikasi insan pers hanya bisa dilakukan oleh Dewan Pers. Hal ini merujuk pada Undang-Undang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya