Kamis 09 Desember 2021, 09:15 WIB

Siswa SMPK Frater Maumere Raih Emas di Kompetisi Sains Nasional 2021

Gabriel Langga | Humaniora
Siswa SMPK Frater Maumere Raih Emas di Kompetisi Sains Nasional 2021

MI/Gabriel Langga
Aoran menggunakan kacamata foto bersama Bupati Sikka Frasiskus Roberto Diogo, Rabu (9/12/2021)

 

AORAN Kurniawan, pelajar SMPK Frater Maumere berhasil menyumbang medali emas bagi Nusa Tenggara Timur di kompetisi sains nasional tahun 2021. Kompetisi sains ini  diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo mengapresiasi prestasi tersebut dan beraudiensi dengan siswa berprestasi tersebut di rumah pribadi Bupati Sikka yang berada di lingkar luar, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, Rabu (8/12).

Dihadapan Bupati Sikka, Aoran Kurniawan dengan semangat menceritakan kisah perjuangannya hingga bisa meraih medali emas pada Sains nasional tahun 2021. Saat itu masih ujian sekolah, ada salah satu guru di sekolahnya menawarkannya untuk mengikuti lomba sains tingkat nasional tahun 2021 khususnya di bidang IPS. Mendapatkan tawaran itu, ia menerima tawaran itu dengan semangat.

Pada lomba tingkat kabupaten Sikka, Aoran mengaku sempat grogi dan tidak menyangka bisa meraih juara satu dan ditunjuk mewakili Kabupaten Sikka di tingkat Provinsi NTT. "Saya ini belum pernah ikut lomba. Jadi belum ada pengalaman apapun. Tetapi, pada lomba tingkat kabupaten saya bisa meraih juara satu. Jujur saya senang sekali sehingga saya mewakili Kabupaten Sikka ditingkat provinsi NTT," cerita Aoran dihadapan Bupati Sikka.

Dengan rajin belajar dan berdoa, perlombaan di tingkat provinsi, ia pun berhasil meraih juara satu dengan mengalahkan seluruh peserta yang mewakili setiap kabupaten yang ada di Nusa Tenggara Timur. Dengan begitu, ia pun mewakili Nusa Tenggara Timur di tingkat Nasional.

Aoran mengaku perlombaan di tingkat nasional lebih sulit karena selain menyelesaikan soal pilihan ganda dan uraian, peserta diminta untuk membuat praktek membuat video dengan empat tema yang ditawarkan oleh panitia.

"Saya pun ambil tema dengan buat vlog video di salah satu tempat di Kabupaten Sikka dengan tema lingkungan yang berpotensi bencana. Pada pengumuman pemenang, saya awalnya takut kemungkinan saya tidak juara karena pada saat umumkan peraih medali perak dan perunggu tidak ada nama saya. Tetapi puji Tuhan, pada saat umumkan peraih medali emas, nama saya pun
disebut sebagai peraih medali emas di kompetisi sains tingkat nasional tahun 2021," papar dia.

Dengan prestasi yang diraihnya, ia pun mengatakan medali emas ini dirinya persembahkan untuk masyarakat Nusa Tenggara Timur terutama bagi Kabupaten Sikka. Ia pun mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak ibu guru di SMPK Frater Maumere yang bersusah payah menjaga jaringan internet. Hal ini dikarenakan lomba tersebut secara online.

"Lombanya secara online. Kalau internet bermasalah maka jawaban semua hilang semua. Tetapi pujian Tuhan, selama lomba jaringan internet tidak bermasalah. Ini berkat dari ibu bapak guru," ujar dia

Dihadapan Bupati Sikka, Aoran pun berharap prestasinya yang diraihnya ini juga dapat memotivasi anak-anak di Kabupaten Sikka sehingga kedepannya ada anak-anak lain yang mengharumkan nama Sikka di kancah nasional maupun internasional

SBupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo mengucapkan terimakasih kepada pelajar SMPK Frater Maumere yang bisa meraih medali emas dalam kompetisi sains nasional tahun 2021. Ini suatu kebanggan buat pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sikka.

"Kita yang juara ini harus menularkan kepada yang lain. Jadi saya minta bantuan sekolah sehingga kedepannya ada lagi Aoran yang lainnya. Saya yakin masih banyak bakat anak-anak di daerah ini yang memiliki potensi. Ayo kita giat, harus ada Aoran-Aoran yang lain," ajak Bupati Sikka. (OL-13)

Baca Juga: Tanpa Dokumen Kesehatan, Pengunjung Malioboro akan Dipulangkan

 

Baca Juga

Ist

Sertijab Pengurus Forum MWA-PTNBH, Syafruddin: Tugas Kita Menghasilkan SDM Unggul

👤Mediaidnonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 14:58 WIB
serah terima kepengurusan dari Komjen (purn) Syafruddin ke Prof. Dr. Tridoyo...
Dok UHAMKA

Uhamka Bersama Menteri BUMN Launching Start Up Hasil Inovasi Mahasiswa

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 13:26 WIB
UHAMKA menggelar Kuliah Umum dengan tema Sinergitas Pendidikan dalam Menguatkan Perilaku Ketahanan Sosial Ekonomi Masyarakat di Era New...
ANTARA/Muhammad Adimaja

Olahraga Bantu Anak Tahan Lama Belajar

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 20 Januari 2022, 12:16 WIB
"Penelitian menunjukkan, dengan olahraga, fokus belajar menjadi lebih baik, stamina jadi lebih bagus sehingga anak betah berlama-lama...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya