Minggu 05 Desember 2021, 21:33 WIB

Kemenag Dorong Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Berzakat

Widhoroso | Humaniora
Kemenag Dorong Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Berzakat

DOK Kemenag
Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag, Drs H Tarmizi MA

 

KEMENTERIAN Agama (Kemenag) berharap partisipasi masyarakat dalam menunaikan zakat, infak, sedekah, dan wakaf, terutama bagi milenial meningkat. Kegiatan Apresiasi Festival Literasi Zakat dan Wakaf 2021 yang digelar Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag, Kamis (2/12), menjadi salah satu upaya Kemenag meningkatkan kesadaran umat muslim untuk berzakat.

"Semoga malam apresiasi tersebut dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menunaikan zakat, infak, sedekah, dan wakaf, terutama bagi milenial," kata Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag, Drs H Tarmizi MA dalam keterangan yang diterima, Minggu (5/12).

Lebih jauh, Tarmizi mengatakan, malam apresiasi tersebut merupakan acara puncak perhelatan Festival Literasi Zakat Wakaf 2021 yang terdiri dari fase awareness dan fase festival. Fase awareness adalah memperkenalkan dan memberikan pemahaman awal mengenai zakat dan wakaf. Sedangkan, fase festival diisi dengan berbagai kegiatan seperti pelaksanaan kegiatan webinar nasional bersama pemerintah, pegiat zakat dan wakaf, dan milenial secara daring.

Pada puncak perhelatan Festival Literasi Zakat Wakaf 2021 diberikan apresiasi kepada beberapa pihak sebagai bentuk penghargaan kepada para pegiat zakat dan wakaf yang dinilai telah berkontribusi dan berpartisipasi dalam menyukseskan program-program Kementerian Agama untuk meningkatkan literasi zakat dan wakaf masyarakat. Selain itu, Malam Apresiasi juga akan diisi dengan peluncuran program Digital Exhibition Zakat dan Wakaf, KUA Percontohan Ekonomi Umat, Pilot Projek Inkubasi Wakaf Produktif, dan Sistem Akuntansi Zakat.

Apresiasi yang diberikan antara lain kepada LAZ IZI, LAZ Rumah Zakat, LAZ Al-Azhar sebagai LAZ Pendamping KUA Percontohan Ekonomi Umat. Untuk bidang Lembaga Wakaf Pendamping Inkubasi Wakaf Produktif apresiasi diberikan kepada Rumah Wakaf, Dompet Dhuafa, Wakaf Al-Azhar, Daarut Tauhid, Sinergi Foundation, PPPA Daarul Qur’an, Wakaf Hidayatullah, serta Cinta Wakaf.

Apresiasi untuk Kampung Zakat Terbaik diberikan kepada Kanwil Kemenag Kalimantan Barat, Baznas Kabupaten Sambas, LAZ Baitul Maal Muamalat (BMM). Sementara LAZ Al-Azhar mendapat apresiasi LAZ Patuh Syariat.

Untuk provinsi dengan Penghimpunan Wakaf Uang Terbesar ASN Kemenag, Kanwil Kemenag Jawa Tengah menjadi yang tertinggi disusul Kanwil Kemenag Jawa Barat dan Kanwil Kemenag Kalimantan Barat.

Di kategori lainnya, Sumadianto yang merupakan penginisiasi program 'Urip Iku Urup' Inovasi Perzakatan di Wilayah Transisi di Yogyakarta,  Muhammad Taufiq Maulana penginisiasi program Shanti: Share Konten Toleransi di Denpasar, Bali, serta Salmiah, penginisiasi Kampung Sadar Zakat, mendapat apresiasi agent of change ekonomi syariah. (RO/OL-15)

 

Baca Juga

MI/depi gunawan

Terjadi Peningkatan Aktivitas Gempa, 729 Kali dalam 20 Hari Pertama 2022

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 12:09 WIB
Jumlah tersebut menunjukkan aktivitas gempa di Indonesia mengalami peningkatan. Rata-rata, wilayah Indonesia hanya mengalami gempa sebanyak...
ANTARA /Aloysius Jarot Nugroho

Kasus Covid-19 Tembus di Atas 2 Ribu, Masyarakat Diimbau Tingkatkan Kewaspadaan

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 11:15 WIB
Apabila memang harus bepergian dan mengunjungi ruang publik yang berisiko bertemu banyak orang, protokol kesehatan sama sekali tidak boleh...
 ANTARA/ Novrian Arbi

Permendikbud 30/2021 Dinilai Tidak Mencerminkan Paradigma Keagamaan

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 10:10 WIB
Tidak adanya pasal yang mengatur tentang hak terlapor yang terfitnah. Karena ini membuka peluang kasus terlapor sebagai playing victim dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya