Kamis 02 Desember 2021, 18:14 WIB

Cegah Penyebaran Omicron, Mitigasi Berlapis Harus Dilakukan

Widhoroso | Humaniora
Cegah Penyebaran Omicron, Mitigasi Berlapis Harus Dilakukan

ANTARA/Pavlo Gonchar / SOPA Images via Reuters/Sipa USA/pri.
Varian Covid-19 Omicron

 

UNTUK mencegah masuknya varian Covid-19 B.1.1.529 atau yang dikenal dengan nama Omicron, negara-negara di dunia, termasuk Indonesia, telah mengambil berbagai langkah antisipatif. Pengetatan pengawasan pintu-pintu masuk ke sebuah negara menjadi salah satunya.

Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI yang juga merup guru besar Fakultas Kedokteran Univertas Indoneasia, Prof. Tjandra Yoga Aditama. menyatakan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut perlunya mitigasi berlapis untuk mencegah penyebaran Omicron.

"WHO menyebutnya sebagai multi-layered risk mitigation approach. Artinya, tindakan pencegahan dan mitigasi memang harus dilakukan sangat ketat dan berlapis-lapis," jelas Tjandra dalam keterangan yang diterima, Kamis (2/12).

Lebih jauh, Tjandra mengingatkan walau kasus Covid-19 mengalami penurunan yang membuat pemerintah melakukan kelonggaran di berbagai sektor, kewaspadaan terhadap potensi penyebaran Covid-19 harus tetap dijaga. Disebutkan, kelonggaran aturan yang memunculkan kerumuman orang membuat resiko penyebaran Covid-19 menjadi besar.

"Yang jelas kalau ada kerumunan orang, resiko penularan akan makin besar. Jadi anjurannya memang adalah menghindari kerumunan," kata Tjandra.

Jika terpaksa harus ada kerumunan, jelas Tjandra, ada tiga faktor yang bisa mengurangi resiko penularan Covid-19. Pertama, kerumunan terjadi di luar ruangan.

"Kedua waktu dalam kerumunan harus sesingkat mungkin. Ketiga, jika kerumunan berada di dalam ruangan, maka jendela dan lain-lain, harus terbuka lebar untuk menjamin ventilasi udara," terang dia. (RO/OL-15)

 

Baca Juga

Antara

Waspada Omikron, Satgas Ingatkan Kelompok Rentan Kurangi Interaksi

👤Ant 🕔Kamis 20 Januari 2022, 23:35 WIB
Menurut Kemenkes, hingga Kamis pagi total ada 882 kasus infeksi varian omikron di...
Dok. Okwifood

Kolaborasi dengan BRIN, Okwi Food SIap Bawa Cita Rasa Kuliner Indonesia Mendunia 

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 23:33 WIB
Okwi Food yang dibesut oleh anak-anak muda Lampung, optimistis mampu mengambil peran sebagai pihak pengembang kuliner usaha mikro kecil...
Antara/Mohammad Hamzah

Anggaran Berkurang, Menko PMK Tegaskan Tetap Maksimal Tangani Masalah Stunting 

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Kamis 20 Januari 2022, 22:53 WIB
“Presiden telah mendelegasikan wewenang sepenuhnya kepada BKKBN, jadi saat ini lebih pada peningkatan performa, bujet akan kita...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya