Kamis 07 Oktober 2021, 04:30 WIB

Sirsak Ternyata Bermanfaat Buat Kesehatan Lho

Febby Saraswati | Humaniora
Sirsak Ternyata Bermanfaat Buat Kesehatan Lho

ANTARA/Arief Priyono
eorang petani menata buah Sirsak di Kediri, Jawa Timur.

 

BUAH sirsak memiliki beberapa ciri di antaranya kulitnya yang bewarna hijau dan memiliki duri-duri tumpul, penampakan isi buahnya bewarna putih dan memiliki banyak biji bewarna hitam, rasa dari buah ini adalah asam-asam manis, buah ini sangat segar ketika dimakan saat dingin maupun diolah menjadi jus.

Baca juga: Kemenperin Sampaikan Keamanan Kemasan Guna Ulang

Buah sirsak ternyata memiliki banyak manfaat dan kaya akan nutrisi, mineral (kalsium, zat besi dan magnesium) serta memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Buah ini juga cocok untuk dikonsumsi saat sedang menjalani program diet karena memiliki kalori yang rendah namun banyak serat, jadi tidak usah khawatir! 

Berikut adalah manfaat sirsak:

1. Menstabilkan tekanan darah 

Dalam secangkir buah sirsak terdapat kandungan 626 mg potasium. Apa itu potassium? Potasium atau yang biasa disebut kalium merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan tubuh kita. Dengan asupan potasium yang tepat, tubuh dapat kebal dari berbagai penyakit. Selain itu, buah sirsak juga memiliki 47 mg zat besi yang tidak kalah penting untuk tubuh kita.

2. Menjaga kesehatan ginjal dan hati

Sebuah penelitian di Malaysia menunjukkan ekstrak sirsak mengandung asetogenin yang dapat membunuh sel-sel ganas dari 12 jenis kanker, dengan salah satunya kanker hati.

3. Pengganti gula 

Dengan rasanya yang asam-asam manis, sirsak  mampu untuk menggantikan peran gula, terlebih sirsak sangat membantu bagi orang yang memiliki riwayat penyakit diabetes. 

4. Membantu melancarkan pencernaan 

Selain memiliki sifat antioksidan, manfaat buah sirsak lainnya adalah antibakteri. Beberapa penelitian menunjukkan antibakteri pada sirsak cukup kuat untuk memberi perlindungan pada tubuh.

5. Menjaga imunitas tubuh 

Sirsak memiliki molekul dengan sifat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan atom tidak stabil yang dapat merusak sel dan menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Tidak hanya melawan radikal bebas, antioksidan dalam buah sirsak juga dapat membantu melindungi kulit dan sel-sel tubuh dari kerusakan.

Ternyata sirsak sangat bermanfaat bagi tubuh kita ya. (OL-1)

Baca Juga

Dok. pribadi

Pakar : Asal Tidak Berlebihan, MSG Aman Dikonsumsi 

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Desember 2021, 23:38 WIB
"Melalui peraturan no.23 MSG dinyatakan aman dikonsumsi sebagai bahan penguat rasa, dengan penggunaan secukupnya dan tidak...
Antara/Akbar Nugorho Gumay

Sandiaga Dorong Kolaborasi dengan UT untuk Tingkatkan Sektor Pariwisata 

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Desember 2021, 23:18 WIB
"Saya ingin mengajak UT untuk meningkatkan kecakapan dan kompetensi para pekerja di sektor pariwisata, ekonomi dan kreatif dalam...
Dok. Pahamifi

Gelar Parents Week 2021, Pahamify Dampingi Orang Tua Maksimalkan Potensi Anak di Masa Pandemi 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 02 Desember 2021, 23:01 WIB
Sebanyak 44,4% ibu dan 38,5% ayah menghabiskan lebih banyak waktu untuk berinteraksi dengan anak-anak mereka dibandingkan dengan sebelum...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya