Minggu 26 September 2021, 14:40 WIB

Rerie: Pengawasan PPKM Harus Mengedepankan Keselamatan Publik

mediaindonesia.com | Humaniora
Rerie: Pengawasan PPKM Harus Mengedepankan Keselamatan Publik

MI/Moh. Irfan
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat saat memberikan sambutan.

 

BERUPAYA memastikan diri dan lingkungan bebas dari covid-19, harus menjadi bagian dari keseharian di masa PPKM. Pembukaan kembali sejumlah kegiatan publik harus direncanakan secara matang, dengan mengedepankan keamanan dan keselamatan masyarakat.

"Pengawasan terhadap berbagai kegiatan yang diizinkan kembali saat PPKM, harus konsisten dan transparan, agar bisa berjalan sesuai dengan yang direncanakan," ujar Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat dalam keterangan resmi, Minggu (26/9).

Prinsip lebih baik mencegah daripada mengobati dalam setiap berkegiatan, lanjut dia, harus benar-benar dikedepankan. Sehingga, tidak tercipta klaster baru covid-19 saat terjadi peningkatan aktivitas masyarakat di ruang publik.

Baca juga: Pasien Covid-19 di RSDC Wisma Atlet Kemayoran Terus Berkurang

Dalam upaya peningkatan aktivitas masyarakat di ruang publik, masyarakat harus memastikan dirinya terlindungi dari paparan covid-19. Itu dengan cara disiplin menerapkan protokol kesehatan. Seperti, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun, serta sudah divaksin covid-19.

Menurut Rerie, sapaan akrabnya, pemangku kepentingan juga harus konsisten menegakkan aturan dalam setiap kebijakan pelonggaran aktivitas masyarakat. Serta, melakukan pengawasan yang ketat, hingga mmenjalankan testing, tracing dan treatment.

Baca juga: Menko PMK : Perkawinan Anak Perbesar Peluang Ciptakan Generasi Miskin

Dalam setiap upaya pelonggaran kebijakan yang berdampak pada peningkatan aktivitas masyarakat, harus dipersiapkan dengan matang. Untuk menekan sekecil mungkin potensi penyebaran covid-19 di ruang publik. Persiapan itu dilakukan semua pihak, baik pemangku kepentingan, maupun masyarakat yang terlibat dalam sejumlah aktivitas.

"Masyarakat juga harus benar-benar mematuhi aturan dan konsisten menjalankan prokes. Kesiapan serupa juga dilakukan dalam kegiatan di ruang publik. Seperti, pembukaan kembali aktivitas di mal dan pusat perbelanjaan, bioskop, rumah makan, warung, hingga pembelajaran tatap muka," pungkas Rerie.

Lebih lanjut, dia menekankan bahwa partisipasi aktif semua elemen bangsa sangat dibutuhkan dalam meningkatkan kesadaran bersama. Dengan begitu, upaya pengendalian covid-19 di Tanah Air berjalan sesuai rencana.(RO/OL-11)

 

 

Baca Juga

AFP

Tips Mengatasi Computer Vision Syndrome Selama WFH

👤Zubaedah Hanum 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 16:05 WIB
Penggunaan komputer atau gawai yang terlalu lama saat bekerja bisa menyebabkan terjadinya Computer Vision...
Antara

Santri Didorong Melek Literasi Digital

👤Ant 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 15:40 WIB
Zainut menilai jihad para santri saat ini semakin berat ketimbang zaman penjajahan...
Kemenag

Wamenag akan Tutup STQH Nasional di Maluku Utara

👤Zubaedah Hanum 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 15:30 WIB
SELEKSI Tilawatil Qur'an dan Hadits (STQH) Nasional XXVI tahun 2021 di Sofifi, Maluku Utara akan ditutup pada Sabtu, 23 Oktober...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sukses PON Papua 2021 Pemerataan Pembinaan di Seluruh Pelosok Negeri

Sukses prestasi ditandai dengan tercipta banyak rekor meski penyelenggaraan multiajang olahraga terakbar Tanah Air itu digelar di masa pandemi covid-19.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya