Rabu 01 September 2021, 21:15 WIB

Ilmuwan: Pandemi Covid-19 jadi Momentum Belajar Tata Kelola

Mediaindonesia.com | Humaniora
Ilmuwan: Pandemi Covid-19 jadi Momentum Belajar Tata Kelola

Antara
Ilustrasi laboratorium

 

Ilmuwan dari Nanyang Technological University Sulfikar Amir, PhD mengatakan pandemi COVID-19 semestinya menjadi momentum bagi pemerintah untuk membangun sistem tata kelola pandemi yang andal dan berbasis kompetensi.

"Ini bisa dimulai dengan membenahi organisasi penanganan pandemi yang lepas dari domain kementerian dan dijalankan oleh sekelompok teknokrat kompeten dan independen yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden," kata Sulfikar Amir dalam webinar dan diskusi publik bertajuk "Skenario Pasca Pandemi" yang dipantau secara daring di Jakarta, Rabu.

Dalam jangka panjang, kata dia, organisasi ini bisa menjadi embrio badan nasional pengendalian wabah penyakit yang berfungsi seperti Center for Disease Control and Prevention (CDC) di Amerika Serikat.

Menurut dia, badan ini tidak hanya memainkan peran penting untuk mengakhiri pandemi COVID-19, tetapi juga membangun ketahanan Indonesia dalam mengantisipasi risiko pandemi di masa datang.

Aliansi Ilmuwan Indonesia Untuk Penyelesaian Pandemi mengusulkan skenario pascapandemi sebagai jalan keluar dari masa pandemi.

Menurut Sulfikar, skenario pascapandemi bertujuan tidak hanya untuk menekan mortalitas dan morbiditas COVID-19 saat ini, tetapi juga untuk mengeluarkan Indonesia dari pandemi. Skenario ini merupakan kerja kolektif skala nasional yang dilakukan secara bertahap target dan indikator yang jelas, terukur dan obyektif.

Dengan skenario pascapandemi, dibutuhkan satu tahun bagi Indonesia untuk keluar dari krisis pandemi.

"Ada tiga fase dalam skenario pascapandemi. Dengan asumsi setiap fase membutuhkan tiga hingga empat bulan, maka dalam setahun Indonesia sudah relatif bebas dari pandemi," kata Anggota Aliansi Ilmuwan Indonesia Untuk Penyelesaian Pandemi itu. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Dok. Primaya Hospital

Ajak Masyarakat Bergerak Bersama, Primaya Hospital Gelar Olahraga Virtual Primaya Heart Race

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 20:49 WIB
Primaya Heart Race akan dilangsungkan dari tanggal 25 Agustus hingga 25 September 2022, dan dapat diikuti seluruh masyarakat tanpa batasan...
ANTARA FOTO/Biro Pers Media Setpres/Muchlis Jr

Pembinaan Paskibraka Diambil Alih BPIP, Menpora: Gak Masalah

👤Mediaindonesia 🕔Senin 15 Agustus 2022, 20:40 WIB
Menpora menjelaskan pihaknya tetap memfasilitasi seleksi dan pelatihan anggota Paskibra di tingkat provinsi melalui Dinas Pemuda dan...
Ist

Kanker Tiroid, Ini Daftar Gejala hingga Pengobatannya

👤Eni Kartinah 🕔Senin 15 Agustus 2022, 20:32 WIB
Kanker tiroid menempati urutan ke-12 dengan kasus kanker terbanyak yaitu mencapai 13.114 kasus. Kasus kanker tiroid ini 2-3 kali lebih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya