Selasa 31 Agustus 2021, 19:06 WIB

Satgas Covid-19 Minta Desa Bentuk Pusat Komando Covid-19 Cegah Penularan

M. Iqbal Al Machhmudi | Humaniora
Satgas Covid-19 Minta Desa Bentuk Pusat Komando Covid-19 Cegah Penularan

Antara/Oky Lukmansyah
Sebuha desa di Tegal, Jawa Tengah di-lockdown karena masuk zona merah Covid-19

 

SATGAS Covid-19 memerlukan pembentukan Pusat Komando Covid-19 desa atau kelurahan untuk meminimalisir penularan di hulu.

"Untuk meminimalisir peluang penularan di hulu atau di sekitar tempat tinggal kita, berdasarkan Instruksi Menteri dalam Negeri (Inmendagri) maupun Surat Edaran (SE) Satgas, diperlukan pembentukan Pusat Komando Covid-19 desa atau kelurahan," kata juru bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual, Selasa (31/8).

Wiku menjelaskan, pada prinsipnya peluang penularan virus dibagi menjadi 3 bagian yaitu sekitar tempat tinggal, saat di perjalanan, hingga saat beraktivitas di luar rumah. Hal ini juga berdasarkan Surat Edaran (SE) Nomor 19 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Satgas Prokes Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan (3M) Fasilitas Publik (Faspub) dalam Rangka Penanganan Pandemi Covid-19.

Baca juga : Dokter Ingatkan Waspadai Sejumlah Penyakit Infeksi Lain Selain Covid-19

Nantinya Pusat Komando Covid-19 desa atau kelurahan tersebut sebagai kepanjangan tangan pemerintah dalam menentukan skenario pengendalian yang tepat sampai ke tingkat RT/RW.

"Nantinya Satgas beserta posko di tingkat desa atau kelurahan memiliki 4 fungsi pengendalian covid-19," ujarnya.

Fungsinya yakni melakukan upaya pencegahan, pembinaan dan pendukung yang melibatkan unsur masyarakat, pemerintahan, maupun militer mengingat permasalahan yang kompleks dan khas di tiap daerahnya. (OL-7)

Baca Juga

MI/ANTON

UI Raih Penghargaan Tertinggi Liga PTN BH

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 22:05 WIB
IKU merupakan ukuran kinerja baru bagi perguruan tinggi untuk mewujudkan perguruan tinggi yang adaptif dengan berbasis luaran lebih...
MI/Susanto

Banyak Kapal Wisatawan Ilegal Wara-Wiri di Perairan Taman Nasional Komodo

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 22:01 WIB
Irman menegaskan, pihak-pihak itu jelas merugikan keberlangsungan TN Komodo. Pasalnya, biaya konservasi yang dibutuhkan untuk pengelolaan...
Medcom

Bocah Yang Dilempar Ibunya Ke Sungai Denai Belum Ditemukan

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 27 Juni 2022, 22:01 WIB
TIM SAR gabungan masih mencari seorang bocah perempuan yang dilaporkan hanyut di Sungai Denai, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya