Minggu 22 Agustus 2021, 10:53 WIB

Menko Airlangga Tinjau Langsung Isolasi Terpadu di Kalsel

mediaindonesia.com | Humaniora
Menko Airlangga Tinjau Langsung Isolasi Terpadu di Kalsel

Ist
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Selatan.

 

MENTERI Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, yang juga Ketua Komite Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) Airlangga Hartarto melihat secara langsung lokasi isolasi terpadu (isoter) yang disediakan Pemerintah Provinsi Kalimanan Selatan (Kalsel) di Gedung Badan Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Provinsi Kalsel..

Dalam jarak yang aman, Menko Airlangga berdialog dengan pasien di Isoter dan memberikan semangat untuk mendorong kesembuhan para pasien. Ia juga menyerahkan bantuan berupa paket kebutuhan pokok secara simbolis kepada Kepala Bapelkes.

Pada keterangan pers, Minggu (22/8), Menko Airlangga menyampaikan harapannya agar seluruh jajaran pemerintah daerah bisa mengarahkan masyarakat yang terpapar Covid-19 dan melakukan isolasi mandiri di rumah, agar mau pindah ke fasilitas isolasi terpadu.

Dengan tujuan, supaya mendapatkan penanganan dan perawatan yang lebih memadai, sehingga akan mampu mengurangi penularan kasus klaster keluarga serta menurunkan tingkat kematian.

Kunjungan Menko Perekenomian kali ini ke Kalsel adalah untuk memastikan semua program penanganan Covid-19 dan penerapan PPKM berjalan dengan baik, serta untuk melihat dan mendengarkan langsung dari para kepala daerah beserta seluruh jajarannya tentang berbagai permasalahan di lapangan.
 
Diketahui saat ini Provinsi Kalsel,  terdapat enam dari 13 kabupaten/ kota yang menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. 

Selain meninjau lokasi Isolasi,  Airlangga  bersama dengan pemerintah daerah (provinsi, kabupaten, kota) dan bersama dengan Forkompimda, mengadakan rapat koordinasi untuk mendiskusikan langkah-langkah percepatan penanganan pandemi.

Ia dan juga memastikan segala upaya yang tengah dijalankan dalam penerapan PPKM Level 4 di Kalsel dapat berjalan optimal. 

Dalam rapat evaluasi Airlangga menyoroti mobilitas masyarakat Kalsel yang trennya lebih tinggi dari rata-rata nasional, terutama pada sektor retail dan rekreasi, pusat transportasi umum, dan tempat kerja. 

"Dalam 1- 2 minggu ke depan, saya berharap agar mobilitas ini bisa terus ditekan. Pendekatan non-medis harus juga digencarkan untuk memotong mata rantai Covid-19,” tegasnya.

Airlngga juga menggarisbawahi tentang testing, tracing, disiplin penerapan protokol kesehatan, dan vaksinasi.

“Ada 4 hal yang saya garis bawahi di sini, sesuai dengan arahan Bapak Presiden, yaitu  terkait pengendalian Mobilitas, Testing dan Tracing, kedisiplinan protokol kesehatan terutama memakai Masker, serta percepatan Vaksinasi,” kata Airlangga. (RO/OL-09)

Baca Juga

MI/Jamaah

Menko PMK Sebut Kebijakan Geser Hari Libur Bukti Pemerintah Serius Tangani Pandemi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 07:30 WIB
"Dari pengalaman sebelumnya, setiap libur panjang akan diikuti pergerakan orang dalam jumlah besar dari satu tempat ke tempat yang...
wikimedia.org

Yuk Mengenal Apa Itu Peta Konsep

👤Sofia 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 07:00 WIB
Peta konsep adalah suatu cara atau strategi untuk menyajikan informasi dalam bentuk konsep-konsep yang saling terhubung dalam suatu...
AFP/CHRISTOF STACHE

Ini Konsep-Konsep Dasar Geografi

👤Sofia 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 06:00 WIB
Istilah geografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu "Geo" dan "Graphein". Geo artinya bumi, dan Graphein berarti...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya