Minggu 22 Agustus 2021, 10:53 WIB

Menko Airlangga Tinjau Langsung Isolasi Terpadu di Kalsel

mediaindonesia.com | Humaniora
Menko Airlangga Tinjau Langsung Isolasi Terpadu di Kalsel

Ist
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Selatan.

 

MENTERI Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, yang juga Ketua Komite Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) Airlangga Hartarto melihat secara langsung lokasi isolasi terpadu (isoter) yang disediakan Pemerintah Provinsi Kalimanan Selatan (Kalsel) di Gedung Badan Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Provinsi Kalsel..

Dalam jarak yang aman, Menko Airlangga berdialog dengan pasien di Isoter dan memberikan semangat untuk mendorong kesembuhan para pasien. Ia juga menyerahkan bantuan berupa paket kebutuhan pokok secara simbolis kepada Kepala Bapelkes.

Pada keterangan pers, Minggu (22/8), Menko Airlangga menyampaikan harapannya agar seluruh jajaran pemerintah daerah bisa mengarahkan masyarakat yang terpapar Covid-19 dan melakukan isolasi mandiri di rumah, agar mau pindah ke fasilitas isolasi terpadu.

Dengan tujuan, supaya mendapatkan penanganan dan perawatan yang lebih memadai, sehingga akan mampu mengurangi penularan kasus klaster keluarga serta menurunkan tingkat kematian.

Kunjungan Menko Perekenomian kali ini ke Kalsel adalah untuk memastikan semua program penanganan Covid-19 dan penerapan PPKM berjalan dengan baik, serta untuk melihat dan mendengarkan langsung dari para kepala daerah beserta seluruh jajarannya tentang berbagai permasalahan di lapangan.
 
Diketahui saat ini Provinsi Kalsel,  terdapat enam dari 13 kabupaten/ kota yang menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. 

Selain meninjau lokasi Isolasi,  Airlangga  bersama dengan pemerintah daerah (provinsi, kabupaten, kota) dan bersama dengan Forkompimda, mengadakan rapat koordinasi untuk mendiskusikan langkah-langkah percepatan penanganan pandemi.

Ia dan juga memastikan segala upaya yang tengah dijalankan dalam penerapan PPKM Level 4 di Kalsel dapat berjalan optimal. 

Dalam rapat evaluasi Airlangga menyoroti mobilitas masyarakat Kalsel yang trennya lebih tinggi dari rata-rata nasional, terutama pada sektor retail dan rekreasi, pusat transportasi umum, dan tempat kerja. 

"Dalam 1- 2 minggu ke depan, saya berharap agar mobilitas ini bisa terus ditekan. Pendekatan non-medis harus juga digencarkan untuk memotong mata rantai Covid-19,” tegasnya.

Airlngga juga menggarisbawahi tentang testing, tracing, disiplin penerapan protokol kesehatan, dan vaksinasi.

“Ada 4 hal yang saya garis bawahi di sini, sesuai dengan arahan Bapak Presiden, yaitu  terkait pengendalian Mobilitas, Testing dan Tracing, kedisiplinan protokol kesehatan terutama memakai Masker, serta percepatan Vaksinasi,” kata Airlangga. (RO/OL-09)

Baca Juga

Antara/Ahmad Subaidi.

Bacaan Niat Salat Taubat Arab, Latin, dan Terjemah

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 16:11 WIB
Dalam Islam, salah satu yang dapat kita lakukan untuk bertobat, selain mengucapkan istighfar, yaitu mengerjakan salat taubat. Ini cara...
Antara/Wahdi Septiawan.

Tingkatkan Nasionalisme Generasi Muda sebagai Modal Hadapi Persaingan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 15:53 WIB
Semangat nasionalisme generasi muda penting untuk terus ditumbuhkan di tengah potensi meningkatnya persaingan antarnegara menghadapi...
Antara/Arif Firmansyah.

Sifat-Sifat Terpuji Anjing Menurut Imam Nawawi

👤Meilani Teniwut 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 15:40 WIB
Syekh Nawawi dalam kitab Kasyifat ad-Saja, tepatnya pada bab najis, menyatakan bahwa sepantasnya seorang mukmin meneladani sifat-sifat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya