Kamis 19 Agustus 2021, 19:58 WIB

Kadin Serahkan 20,5 Ton Oksigen untuk Bantu Tangani Pandemi di Kalsel

Mediaindonesia.com | Humaniora
Kadin Serahkan 20,5 Ton Oksigen untuk Bantu Tangani Pandemi di Kalsel

Antara
Ilustrasi

 

Kamar Dagang dan Industri Indonesia menyerahkan bantuan 20,5 ton oksigen, 150 flow meter dan 200 tabung oksigen untuk mendukung penanganan COVID-19 di Provinsi Kalimantan Selatan.

Seluruh bantuan tersebut diserahkan di Gelanggang Olahraga Hasanuddin Banjarmasin,  Kamis oleh Ketua Kadin Kalsel Edy Suryadi kepada Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA saat pelaksanaan vaksinasi gratis dengan seribu orang yang juga dilaksanakn oleh Kadin kepada pelaku UMKM dan masyarakat umum.

Penjabat Gubernur Kalsel Safrizal ZA mengatakan, bantuan oksigen tersebut akan dimanfaatkan untuk memperkuat ketersediaan oksigen di rumah sakit di Kalimantan Selatan.

"Meskipun dalam satu minggu terakhir ini stoknya dapat mencukupi hingga enam hari kedepan, namun bantuan ini tetap sangat diperlukan," katanya.

Safrizal berharap, pada beberapa hari ke depan, kasus positif COVID-19 di Kalsel bisa turun drastis, sehinga stok oksigen bisa terus terjaga dengan baik.

"Dari aspek stok, kalau hari ini tekanannya tidak terlalu berat seperti satu minggu terakhir, maka stok oksigen kita bisa sampai 6 hari, dan ini lebih baik daripada beberapa minggu yang lalu," katanya.


Safrizal mengungkapkan, saat terjadi lonjakan penambahan COVID-19, stok oksigen hanya mampu bertahan satu sampai dua hari, bahkan pernah sampai hitungan jam saja.

Namun, sejak hari ini sampai 6 hari ke depan, seluruh pihak terkait, terus berupaya mengatur dan mencari sumber-sumber oksigen baru, sambil sektor hulu ditekan, jangan sampai terjadi lonjakan pasien yang masuk rumah sakit.

Ketua Kadin Kalsel Edy Suryadi mengatakan, selain menyerahkan bantuan oksigen 20,5 ton liquit dan 200 tabung berisi oksigen, Kadin juga memeberikan bantuan vaksinasi gratis dengan target seribu orang.

"Pelaksanaan vaksinasi berjalan cukup lancar dan tertib sesuai dengan prokes, jaga jarak, jaga aman dengan menggunakan masker," katanya.

Hingga saat ini Pemprov Kalsel terus melakukan pencarian stok oksigen, kebeberapa wilayah di Indonesia.

Sebelumnya oksigen juga di datangkan dari Kendari Sulawesi Tenggara, sebanyak empat unit iso tank dengan total kapasitas sebanyak 80 ton oksigen.

Kebutuhan oksigen di Kalsel per harinya mencapai 20 ton oksigen, sedangkan dalam satu bulan kebutuhan oksigen di Kalsel masin mengalami kekurangan hingga 8 iso tank berkapasitas 20 ton. (Ant/OL-12)

 

Baca Juga

Antara

Vaksinasi Polio di Aceh Dimulai, Pakar: Cakupan Harus 95%

👤Dinda Shabrina 🕔Senin 28 November 2022, 15:11 WIB
Sebelumnya, Kemenkes menginstruksikan adanya imunisasi polio tambahan pada anak usia 0-13 tahun di Aceh. Upaya menggencarkan vaksinasi...
Ist

Tanoto Foundation dan UNICEF Lanjutkan Kerja Sama Turunkan Stunting di Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 28 November 2022, 14:22 WIB
Tanoto Foundation kerja sama dengan UNICEF Indonesia untuk melaksanakan program empat tahun bertema “Unlocking Future...
Ist/DPR

DPR: BNPB sebagai 'Chief of Commander' Penanganan Bencana Cianjur

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 28 November 2022, 13:23 WIB
BNPB sebagai Chief of Commander dari penanganan bencana di Kabupaten Cianjur, dimana harus merata sesuai dengan kebutuhan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya