Selasa 03 Agustus 2021, 08:57 WIB

Menko Airlangga Sampaikan Strategi Hadapi Fluktuasi Kasus Covod-19 di Luar Jawa-Bali

mediaindonesia.com | Humaniora
Menko Airlangga Sampaikan Strategi Hadapi Fluktuasi Kasus Covod-19 di Luar Jawa-Bali

SEKRETARIAT NEGARA
Menteri Koordonator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

 

MENTERI Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, terkait perkembangan kasus Covd-19 yang masih fluktuatif di luar Jawa Bali.

Pemerintah terus mendorong upaya perbaikan, dan dari beberapa indikator terlihat sudah ada perbaikan dalam penanganan pandemi Covid-19. 

Pada tingkat hulu, peningkatan testing terus didorong mencapai target minimal testing per hari yang ditetapkan instruksi Mendagri. Di beberapa daerah angka testing sudah naik mendekati target, secara keseluruhan naik rata-rata 50%.

"Seperti di Kota Tarakan sudah 78,5% dari instruksi Mendagri terkait target harian, Kota Jayapura 73,1%, Kota Pekanbaru 67,9%, dan Makassar 62,2%," papar Airlangga yang juga Ketua Tim Penanganan Covid-19 dalam Konferensi Pers, Senin (1/8).

Selain testing, Airlangga menyampaikan  peningkatan tracing oleh tracer juga terus didorong dan akan dipersiapkan metode digital tracing. Kepatuhan penggunaan masker, dan target vaksinasi daerah juga terus didorong.

Vaksinasi di beberapa kota besar luar Pulau Jawa prosentasenya sudah juga di atas nasional, yaitu di Kota Medan sudah 33,39%, Makasar 39,41%, Banjarmasin 26,9%, Pekanbaru 42%, kemudian Kota Banjarbaru 27%, Jayapura 41,62 %, dan di Kepri juga yang sudah tinggi juga di atas 60%. 

Airlangga menambahkan, untuk tingkat hilir, pemerintah juga menjaga  tingkat BOR (Bed Occupation Rate) , menambah kapasitas tempat tidur dan disiapkan juga fasilitas isolasi terpusat. Ketersediaan obat-obatan dan pasokan oksigen medis juga dijaga.

"Oksigen ini klaster-klaster di luar pulau jawa mulai dari pabrikan yang ada di Medan, di Palembang, di Kalimantan Timur, di Sulawesi Selatan, kemudian di Sulawesi Tengah, kemudian di Maluku Utara, serta di Papua juga dipersiapkan," papar Airlangga. 

"Tadi dengan koordinasi Pak Menko Marinves,  kita juga menyeimbangkan pasokan dari jawa untuk keluar jawa, ditambah lagi kebijakan kemudahan untuk impor di daerah perabatasan, seperti di kalimantan barat," imbuhnya.

Selanjutnya, penerapan 3M, 3T, dan vaksinasi sesuai arahan Presiden adalah hal yang terus dilakukan dan diprioritaskan dan di daerah-daerah tersebut.

Airlangga berharap kerja sama dengan TNI, Polri, gubernur, wali kota, beserta jajarannya dan bantuan kedisiplinan masyarakat serta kegiatan tanggung jawab sosial  dari masyarakat dan swasta, dapat terus didorong untuk bersama-sama menangani Pandemi.(RO/OL-09)

Baca Juga

Dok MI

Peraturan Pelabelan Kemasan Pangan Dinilai Bisa Matikan Industri

👤Abdillah M Marzuki 🕔Senin 20 September 2021, 00:01 WIB
Menurut Henky, banyak uji laboratorium yang tidak terlaksana karena jumlah laboratorium masih...
Dok. Bumoon.io

Bumoon.io Siap bantu Pemerintah Atasi Perubahan Iklim dengan Teknologi

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Minggu 19 September 2021, 23:44 WIB
Co-founder BUMooN.io, Happy Murdianto mengatakan, pemanasan global merupakan permasalahan yang memiliki pertaruhan yang besar bagi masa...
Dok. DPP LDII

World Cleanup Day, LDII Canangkan Kampanye Pilah Sampah dari Rumah

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 19 September 2021, 23:33 WIB
Berdasarkan catatan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada  2020, 54 persen dari total sampah plastik masih terbuang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bendungan Rakyat

\PEMERINTAH berkomitmen meningkatkan produktivitas hasil pertanian di Tanah Air.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya