Sabtu 17 Juli 2021, 06:30 WIB

Kenali Cara Isolasi Mandiri agar Nyaman dan Efektif

Try/X-10 | Humaniora
Kenali Cara Isolasi Mandiri agar Nyaman dan Efektif

MI/Permana
Acara Vaksin Slank untuk Indonesia, yang tayang di Metro TV, tadi malam.

 

SAAT ini pemerintah menggencarkan isolasi mandiri untuk pasien yang terinfeksi oleh covid-19 bergejala ringan atau tanpa gejala. Kementerian Kesehatan memastikan tindakan untuk isolasi mandiri (isoman) akan efektif dan aman, apalagi dengan adanya layanan telemedicine, yang bekerja sama dengan 11 penyedia konsultasi jarak jauh.

"Gejala ringan yang dimaksud antara lain tidak demam, tidak batuk pilek, sebatas hanya rasa tidak nyaman. Biasanya pasien ini yang terpapar terus-menerus, terinfeksi, tapi tidak menunjukkan gejala apa-apa," kata Widyawati, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan dalam acara Vaksin Slank untuk Indonesia, yang tayang di Metro TV, tadi malam.

Namun, dia menekankan perlunya penggunaan obat-obatan untuk meredakan sakit atau meringankan rasa sesak.

"Pasien isoman harus konsultasi dengan puskesmas. Puskesmas akan memberikan asesmen apakah pasien bisa isoman di rumah atau dirujuk ke rumah sakit. Tetap harus ada resep dokter untuk obat yang dikonsumsi dan vitamin apa saja yang harus ditambah," kata Widyawati.

Dalam tayang itu, juga diceritakan perjuangan seorang pasien isoman, Shara. Dia menceritakan ayah, ibu, dan adiknya yang telah menunjukkan gejala covid-19 pada 21 Juni lalu. Namun, untuk masuk ke instalasi gawat darurat, mereka harus menjalani tes swab yang dilakukan pada 26 Juni. Hasilnya menunjukkan sekeluarga positif covid-19. Hanya dirinya yang orang tanpa gejala (OTG).

"Saat itu saya hanya batuk ringan. Ketiga anggota keluarga saya kesehatannya drop. Hanya bisa tidur di kamar," kata Shara.

Saat membawa adik dan ibunya ke rumah sakit pada Senin (28/6), Shara dihadapkan pada prioritas mana yang harus dirawat di IGD. Posisi IGD penuh. Akhirnya diputuskan ibunya yang dirawat di rumah sakit di Depok. Namun, ibunya meninggal pada Selasa (29/6).

Adik dan ayah yang tidak kunjung membaik akibat covid-19 akhirnya diboyong ke RSUD di Kota Depok pada Kamis (1/7). Namun, ayahnya meninggal pada Jumat (9/7) setelah berjuang sekitar 10 hari.

"Untuk bertahan sehat, makan harus dipaksa karena agar imun naik dan ada tenaga. Saya harus berpikiran positif agar bisa bertemu adik dan ke makam Ibu," kata Shara.

Vaksin untuk Indonesia tayang di Metro TV setiap Jumat, pukul 20.05 WIB bersama grup band Slank. Dalam program itu, Slank tidak hanya menyuguhkan musik, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan warga masyarakat dari berbagai latar belakang sosial. (Try/X-10)

Baca Juga

Ist

KNPI dan FKPPI Siap Bersinergi Bantu Pemerintah Tangani Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 September 2021, 23:21 WIB
Saatnya pemuda menyatukan tekad guna membantu pemerintah, di antaranya menyukseskan program vaksinasi guna menekan angka penyebaran...
MI/SUMARYANTO BRONTO

Jaringan Internet BAKTI Membuat Pulau Auki tidak Lagi Kelam

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 September 2021, 21:35 WIB
Sayangnya, dari 19 distrik atau kecamatan yang ada di Kabupaten Biak Numfor baru 2 distrik yang terkoneksi dengan sambungan telekomunikasi...
Dok FKG Univ Moestopo

FKG Universitas Moestopo Sukses Gelar Pelatihan Dental Implan 

👤RO 🕔Sabtu 25 September 2021, 21:10 WIB
Melalui program KIT GTI di PBIKG, dokter gigi dapat memperoleh sertifikat yang berlaku lima tahun untuk bekerja melayani pemasangan gigi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya