Jumat 16 Juli 2021, 20:43 WIB

Indonesia Terima Ratusan Concentrator Oksigen dari Taiwan

Cahya Mulyana | Humaniora
Indonesia Terima Ratusan Concentrator Oksigen dari Taiwan

AFP
Tenaga keseahatan memasang alat Oksigen konsentrator

 

Indonesia telah menerima bantuan dari publik dan swasta Taiwan berupa 200 concentrator oksigen. Tak hanya itu investor Taiwan di Subang, Jawa Barat, PT Meiloon Industrial juga akan menyumbangkan 110 concentrator oksigen.

Seluruh sumbangan concentrator oksigen ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam pencegahan pandemi covid-19 untuk Indonesia. Sebanyak 70 dari 110 concentrator oksigen ini akan disumbangkan ke Kementerian Kesehatan RI, 30 lainnya akan disumbangkan ke pemerintah kabupaten Subang dan 10 sisanya akan diberikan untuk digunakan oleh karyawan Meiloon di Kabupaten Subang.

Kepala kantor perwakilan Taiwan di Indonesia (TETO) John Chen, mengatakan bahwa Taiwan dan Indonesia memiliki hubungan persahabatan yang erat. "Pemerintah Taiwan dan semua lapisan masyarakat sangat prihatin dengan perkembangan pandemi di Indonesia," terangnya dalam keterangan resmi, Jumar (16/7).

Mengenai sumbangan concentrator oksigen dari PT Meiloon Industrial, John Chen menyatakan rasa hormat yang sebesar-besarnya dan menginstruksikan rekan-rekan TETO untuk memberikan bantuan yang diperlukan. Wu Wei-Chung, Chairman Meiloon Industrial, secara khusus menghubungi Dubes John Chen dan mengatakan bahwa 10 concentrator oksigen yang tersisa di pabrik Meiloon di Kabupaten Subang juga bisa dipinjamkan ke pengusaha Taiwan di sekitarnya ketika dibutuhkan.

Baca juga: PLN Siapkan Listrik dan UPS untuk RS Darurat Asrama Haji

Saat ini, jumlah lonjakan kasus pasien terkonfirmasi harian di Indonesia telah berulang kali mencapai titik tertinggi, permintaan kebutuhan berbagai sarana pencegahan pandemi dan sumber daya medis juga semakin tinggi.

Diharapkan concentrator oksigen dan peralatan pencegahan pandemi lainnya yang disumbangkan oleh sektor publik dan swasta Taiwan dapat membantu Indonesia memerangi pandemi. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA/Muhammad Bagus Khoirunas

Kemenko PMK Prioritaskan Relokasi Rumah dan Perbaikan Sekolah Akibat Gempa Banten

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Selasa 18 Januari 2022, 18:09 WIB
Salah satu penanganan yang dilakukan di antaranya terkait usulan pemerintah daerah setempat mengenai relokasi beberapa Kepala keluarga yang...
MI/RAMDANI

14,5% Pelaku Perjalanan Luar Negeri Masuk Jakarta Positif Omikron

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Selasa 18 Januari 2022, 17:49 WIB
Pelaku perjalanan luar negeri juga masuk dari berbagai pintu masuk Indonesia lainnya. Di antaranya Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong...
ANTARA/Biro Pers Sekretariat Presiden

Soal Omikron, Presiden: Waspada Perlu tetapi Jangan Berlebihan

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 18 Januari 2022, 17:05 WIB
"Berhati-hati itu perlu. Waspada itu perlu tapi jangan sampai menimbulkan ketakutan. Jangan sampai menimbulkan kepanikan," ujar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya