Selasa 29 Juni 2021, 23:06 WIB

PGRI : Kesehatan dan Keselamatan Guru-Murid Harus Diutamakan saat PTM

Mediaindonesia.com | Humaniora
PGRI : Kesehatan dan Keselamatan Guru-Murid Harus Diutamakan saat PTM

Dok. Pribadi
Ketua Umum PGRI Unifah Rosyidi dalam Webinar FMB9

 

KETUA Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Unifah Rosyidi meminta agar kesehatan dan keselamatan warga sekolah menjadi prioritas utama pada pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas.

“Intinya kita itu semangat dalam memberikan pendidikan dan karena tahu bahwa ini sangat dibutuhkan. Akan tetapi dalam perkembangan selanjutnya dengan situasi yang ada saat ini, pada akhirnya keselamatan dan keamanan, siswa, guru, orang tua, tenaga pendidikan itu menjadi yang utama,” ujar Unifah dalam webinar Forum Merdeka Barat 9 di Jakarta.

Dia menambahkan sejak awal pandemi Covid-19, para guru telah menyiapkan berbagai cara agar pembelajaran pada masa pandemi berjalan dengan baik. Seperti melakukan upaya peningkatan kapasitas dengan berbagai pelatihan.

“Sejak awal pandemi Covid-19, ada jutaan guru yang telah kami berikan pelatihan,”tambah dia.

Baca juga : Dies Natalis Ke-51, IKJ Pertahankan Kreativitas di Ruang Digital

Pada saat awal pandemi Covid-19, saat pembelajaran masih pendidikan jarak jauh (PJJ), banyak para guru yang melakukan guru kunjung.

“Termasuk para Pemerintah Daerah (Pemda) yang tetap mewajibkan guru ke sekolah, melakukan absensi dan memberikan pembelajaran jarak jauh dari sekolah. Artinya dari guru, persiapan untuk bekerja semaksimal mungkin. Hanya kita selalu mengatakan bahwa pada akhirnya keselamatan dan keamanan siswa, guru, tenaga pendidikan adalah yang utama di atas segala-galanya,” terang dia.

Prinsip tersebut juga yang harus dipegang selama pelaksanaan PTM terbatas. Menurut Unifah, perlu ada evaluasi terus-menerus dan kerja sama antara pusat dan pemerintah daerah untuk memastikan PTM terbatas dilakukan secara aman.

​​​Unifah meminta pemerintah untuk memberikan perhatian pada para guru, orang tua, siswa, dan tenaga kependidikan dalam menggelar pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Apalagi ada sejumlah laporan dari Kementerian Kesehatan maupun Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) yang menyebutkan banyak anak yang berusia 18 tahun ke bawah yang terpapar Covid-19. (Ant/OL-7)

Baca Juga

Ist

KNPI dan FKPPI Siap Bersinergi Bantu Pemerintah Tangani Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 September 2021, 23:21 WIB
Saatnya pemuda menyatukan tekad guna membantu pemerintah, di antaranya menyukseskan program vaksinasi guna menekan angka penyebaran...
MI/SUMARYANTO BRONTO

Jaringan Internet BAKTI Membuat Pulau Auki tidak Lagi Kelam

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 September 2021, 21:35 WIB
Sayangnya, dari 19 distrik atau kecamatan yang ada di Kabupaten Biak Numfor baru 2 distrik yang terkoneksi dengan sambungan telekomunikasi...
Dok FKG Univ Moestopo

FKG Universitas Moestopo Sukses Gelar Pelatihan Dental Implan 

👤RO 🕔Sabtu 25 September 2021, 21:10 WIB
Melalui program KIT GTI di PBIKG, dokter gigi dapat memperoleh sertifikat yang berlaku lima tahun untuk bekerja melayani pemasangan gigi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya