Selasa 29 Juni 2021, 18:11 WIB

TNI AL Targetkan Vaksinasi untuk Masyarakat Maritim

Cahya Mulyana | Humaniora
TNI AL Targetkan Vaksinasi untuk Masyarakat Maritim

Antara
Tim medis TNI AL menyuntikkan vaksin covid-19 untuk masyarakat nelayan.

 

TNI Angkatan Laut (AL) menargetkan pelaksanaan vaksinasi covid-19 bagi ribuan masyarakat maritim. Sasarannya meliputi masyarakat sekitar pelabuhan, tempat pelelangan ikan, kampung nelayan, serta kampung bahari di pulau terpencil dan terluar.

Hal tersebut disampaikan Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono mewakili Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, saat meninjau pelaksanaan serbuan vaksin di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara, Selasa (29/6).

TNI AL dikatakannya siap mengerahkan alutsista berupa Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), beserta sumber daya yang dimiliki dan tenaga kesehatan, untuk menuju ke daerah yang disasar.

Baca juga: Tambah Bantuan, 176 Tenaga Kesehatan TNI Tiba di Wisma Atlet

“Kita sudah menyiapkan tenaga kesehatan yang saat ini berjumlah 6.900 orang. Juga mendidik siswanya untuk menjadi vaksinator di sekolah kesehatan Angkatan Laut, baik di Surabaya maupun Jakarta. Nantinya mendukung kegiatan maupun program serangan vaksin," ungkap Ahmadi dalam keterangan resmi, Selasa (29/6).

Dalam peninjauan serbuan vaksin yang diselenggarakan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal III) bekerja sama Suku Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Wakasal didampingi Pangkoarmada I Laksda TNI Abdul Rasyid K. Kemudian, Pangkolinlamil Laksda TNI Arsyad Abdullah, Kadispenal Laksma TNI Julius Widjojono, Kadiskesal Laksma TNI dr. Agus Guntoro, Danlantamal III Brigjen TNI Mar Umar Farouq, serta tokoh masyarakat setempat.

Baca juga: Ada Varian Delta, WHO Minta Warga yang Sudah Divaksin Tetap Pakai Masker

Sebelumnya, TNI AL bersama komponen TNI-Polri dan instansi lainnya juga melaksanakan serbuan vaksin di sejumlah wilayah, khususnya kawasan Pelabuhan. Seperti di Tanjung Priok dengan jumlah 1.500 orang pada 23-24 Juni 2021. Lalu, Pelabuhan Tanjung Mas Semarang dan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Wakasal mengungkapkan rasa syukur bahwa pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar. Serta, dapat bersinergi dengan tokoh masyarakat. “Kita saling mendukung, semoga program ini dapat berjalan dengan lancar. Tentunya kita berharap negara mampu melawan pandemi covid-19. Sehingga kehidupan bisa berjalan normal kembali,” imbuh Ahmadi.(OL-11)

 

 

Baca Juga

Dok. Pribadi

Santri Dibekali Kemampuan dan Pengetahuan Digital

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 06 Desember 2021, 01:32 WIB
Menurutnya, inklusi keuangan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat seperti yang dicita-citakan di Perpres No. 114 tahun 2020 tentang...
Antara

Menkominfo Ingatkan Jangan Abai Terapkan Prokes

👤Ant 🕔Minggu 05 Desember 2021, 23:53 WIB
Tingkat kepatuhan protokol kesehatan mengalami penurunan, terutama menjaga jarak dan menghindari...
AFP

Kemenkes Pastikan Bantuan Logistik Penanganan Erupsi Semeru Terus Berjalan

👤Ant 🕔Minggu 05 Desember 2021, 23:48 WIB
Untuk fasilitas kesehatan, Kemenkes telah menyiapkan empat pos...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya