Rabu 26 Mei 2021, 23:10 WIB

Masjid Nursiah Daud Paloh Gelar Shalat Gerhana Bulan

Muhammad Fauzi | Humaniora
Masjid Nursiah Daud Paloh Gelar Shalat Gerhana Bulan

dok.Humas NDP
Khutbah usai shalat khusuful qamar di Masjid NDP, Media Group, Rabu (26/5)

 

MASJID Nursiah Daud Paloh (NDP), Media Group, Kedoya, Jakarta Barat, menggelar shalat gerhana bulan (khusuful qamar), Rabu (26/5), bakda maghrib. Pelaksanaan salat ini terkait dengan fenomena astronomi langka Gerhana Bulan Total (GBT) atau Super Blood Moon (Bulan Merah Super).

Gerhana bulan kali ini beriringan dengan terjadinya Perige, yakni ketika Bulan berada di jarak terdekat dengan Bumi.

Salat gerhana bulan dihadiri karyawan Media Group dan sejumlah jemaah dari lingkungan sekitar. Bertindak sebagai imam ustad Uci Sanusi dan Khatib Ketua Dewan Kemakmuran Masjid NDP, Ade Alawi. Dalam khutbahnya, Ade mengatakan, terjadinya GBT sebagai fenomena alam yang luar biasa.

"Fenomena ini menunjukkan kebesaran Sang Haliq bahwa tidak ada kekuatan di dunia selain kekuatan-Nya," tuturnya seraya mengutip Surat Ali Imran: 190-191).

Menurut ayat al-Qur’an tersebut, lanjutnya, hanya ulil albaab (orang-orang yang berfikir dengan iman) yang mau merenungi makna gerhana dan mengambil hikmahnya.

Ade berpesan fenomena gerhana jangan dikaitkan dengan tahayul, mitos atau klenik, sebagaimana yang banyak beredar sejak zaman nabi hingga saat ini.

"Gerhana terjadi bukan karena kematian atau lahirnya seseorang sebagaimana sebuah hadist dari Aisyah radiyallahu'anha," tandasnya.

Adanya tanda-tanda kebesaran Allah Subhanahu wata'ala, seperti gerhana, tidak sepatutnya manusia berlaku sombong atau merasa hebat di muka bumi ini.

"Manusia tak ada apa-apanya di mata Allah. Hanya ketakwaaan yang akan menentukan derajat manusia," ujar Ade yang juga Deputi Direktur Pemberitaan Media Indonesia ini.

Di sisi lain, Ade juga mengatakan pandemi covid-19 itu menunjukkan kekuasaan Sang Pencipta. "Dua hal yang harus kita lakukan, berdoa yang tiada putus dan berikhtiar, seperti kita malam ini salat gerhana dengan protokol kesehatan merupakan bagian dari ikhitiar untuk memutus mata rantai covid-19," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: Imbas Super Blood Moon, Bisa Terjadi Banjir Rob di Jakarta

Baca Juga

ANTARA/Iggoy el Fitra

Gelombang Tinggi Hingga 6 Meter, BMKG: Waspada

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 11:25 WIB
Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan selatan Banten - Jawa Barat dan Samudra Hindia selatan...
ANTARA/HY PRABOWO

Ratusan Rumah Terendam Banjir di Kota Malang, Provinsi Jawa Timur

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 11:05 WIB
Berdasarkan data BPBD Kota Malang, kerugian material tercatata sedikitnya 230 unit rumah terendam banjir, dan sebanyak 230 KK...
Antara

Luhut: Amerika Serikat Setuju Bangun Pabrik Obat Covid-19 di RI

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 10:47 WIB
Dibicarakan usai Luhut bertemu dengan Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat Jake Sullivan di Washington pada Senin...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menolakkan Ancaman Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah perlu memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di wilayah prioritas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya