Rabu 26 Mei 2021, 23:39 WIB

10 Manfaat Kunyit Hitam untuk Kesehatan dan Cara Memilihnya

Bagus Pradana | Humaniora
10 Manfaat Kunyit Hitam untuk Kesehatan dan Cara Memilihnya

Antara/Aji Styawan
Tanaman kunyit

 

BERBEDA dengan kunyit pada umumnya yang berwarna oranye, kunyit hitam memiliki warna yang lebih gelap. Selain itu aroma kunyit hitam juga lebih menyengat, pun rasa ketika dikonsumsi kunyit hitam memiliki rasa pahit yang mendominasi lidah.

Meski aromanya menyengat dan rasanya pahit, namun herbal ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Hal ini karena kunyit hitam memiliki kandungan kurkumin yang tinggi, sehingga rempah ini mampu memberikan efek penyembuhan. 

Banyak penyakit yang dapat disembuhkan dengan mengonsumsi herbal ini, diantaranya.

1. Penyakit di Paru-Paru

Senyawa kurkumin pada kunyit hitam dapat membantu memperbaiki sel paru-paru yang telah rusak dan menyembukan panyakit seperti asma, bronkitis, radang paru-paru dan lainnya. 

2. Penyakit Leucoderma

Leukoderma adalah kelainan kulit yang ditandai dengan munculnya bercak pada kulit, sehingga kulit akan kehilangan warna aslinya. 

Para penderita leukoderma sangat disarankan untuk mengonsumsi kunyit hitam sebagai terapi untuk mengurangi bercak pada kulitnya.

3. Nyeri pada Tubuh

Kunyit hitam juga ampuh digunakan sebagai obat pereda nyeri atau penghilang rasa sakit, untuk kondisi tertentu, seperti saat anda mengalami sakit perut, sakit gigi, ostreoartritis, hingga ruam ketika anda keseleo atau digigit serangga.

4. Melawan Pertumbuhan Sel Kanker

Kandungan kurkumin di dalam kunyit hitam juga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Beberapa penelitian menyenbutkan bahwa senyawa kurkumin dalam kunyit hitam bahkan dapat memodifikasi perubahan pra-kanker pada tubuh, sehingga herbal ini sangat cocok sebagai obat anti kanker tanpa efek samping.

Baca juga : Benarkah Kita Harus Minum Air Delapan Gelas Sehari?

5. Mengontrol Gula Darah

Bagi penderita diabetes konsumsi kunyit hitam juga sangat dianjurkan karena rempah ini mampu mengontrol produksi gula darah dalam tubuh. Hal ini mengurangi risiko pengembangan resistensi insulin dan mencegah penyakit hati. 

6. Gatal-gatal pada Kulit

Kunyit hitam juga menjadi obat mujarab untuk mengatasi gatal di kulit. Terdapat beberapa kandungan senyawa anti inflamasi dalam kunyit hitam yang mampu mengatasi kulit yang mengalami iritasi dan gatal-gatal.

7. Penangkal Osteoarthritis

Kunyit hitam juga memiliki kandungan yang khasiatnya sama dengan Ibuprofen sehingga mampu mengatasi nyeri akibat osteoarthritis atau nyeri dan kekakuan pada persendian. 

8. Radang Usus

Konsumsi ekstrak kunyit hitam dapat megobati radang usus (kolitis) dan melancarkan pencernaan.

9. GERD

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok kunyit hitam sering diresepkan untuk mengatasi sakit asam lambung (GERD atau gastroesophageal reflux) dan mengembalikan fungsi hati. 

Meski ramuan tersebut terbilang tidak enak namun ia cukup ampuh dan sudah dipercaya sejak lama untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Hal ini karena dalam kunyit hitam terdapat kandungan anti inflamaso dan anti oksidan yang tinggi.

10. Meningkatkan Stamina Tubuh

Kunyit hitam juga bisa dijadikan suplemen untuk meningkatkan stamina dan vitalitas tubuh. Ramuan kunyit hitam juga sangat cocok untuk diminum saat anda merasa kelelahan di rumah. (OL-7)

Baca Juga

MI/ Abdillah m Marzuqi

YAICI dan PP Aisyiyah Edukasi Pangan Bergizi di Bantargebang

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Minggu 23 Januari 2022, 23:35 WIB
Selain edukasi, juga ada demo pengolahan pangan bergizi dan...
MI/ Depi Gunawan

Bima Arya: Lonjakan Kasus Covid-19 di Bogor Sudah Dipredikai

👤Ant 🕔Minggu 23 Januari 2022, 23:17 WIB
Bima menyatakan pihaknya sudah melakukan semua hal yang bisa dilakukan sebagai langkah...
Dok Setwapres

Wapres Borong Hasil Laut di Pulau Cangkir

👤Ant 🕔Minggu 23 Januari 2022, 22:50 WIB
Beberapa hasil laut yang dibeli Wapres antara lain bandeng, kakap merah, cumi-cumi dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya