Selasa 04 Mei 2021, 19:37 WIB

Menag Yaqut Imbau Shalat Idul Fitri Sebaiknya di Rumah Saja

Faustinus Nua | Humaniora
Menag Yaqut Imbau Shalat Idul Fitri Sebaiknya di Rumah Saja

Antara
MENTERI Agama RI Yaqut Cholil Qoumas

 

MENTERI Agama RI Yaqut Cholil Qoumas mengimbau bahwa shalat Idul Fitri (Ied) sebaiknya dilakukan di rumah masing-masing warga. Pasalnya di tengah pandemi Covid-19, keselamatan umat Islam itu sendiri merupakan wajib hukumnya.

"Kita minta masyarakat untuk sebaiknya shalat Ied di rumah masing-masing. Nggak apa-apa karena shalat Ied ini hukumnya sunah, sementara menjaga kesehatan, keselamatan diri, keluarga dan lingkungan itu hukumnya wajib. Jadi dahulukan yang wajib dari pada yang sunah," ungkapnya usai launching Peta Jalan Kemandirian Pesantren, Selasa (4/5).

Untuk zona hijau dan kuning, Menag Yaqut mengatakan boleh menjalankan shalat Ied di masjid. Akan tetapi, protokol kesehatan tetap harus dipatuhi dan kapasitasnya hanya 50% saja.

Begitu pula dengan shalat Ied di lapangan terbuka. Dia menekankan agar tetap memperhatikan faktor kelamatan bersama. Bahkan lebih baik shalat di rumah dari pada harus kelapangan yang bisa memicu kerumunan.

"Lebih baik sholat Ied di rumah dari pada di lapangan. Di rumah saja nggak apa-apa, karena sekali lagi menjaga kesehatan, keselamatan itu wajib," tegasnya.

Yaqut menambahkan bahwa shalat dengan memakai masker juga diperbolehkan. Menurut dia, tidak ada yang salah ketika harus shalat memakai masker karena saat ini sedang dalam masa darurat.

"Coba lihat di Masjidil Haram itu mereka shalat, semua pakai masker karena memang melindungi diri sendiri wajib hukumnya," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga:  CEO Media Group Apresiasi Kegiatan Semarak Ramadan 1442 H

Baca Juga

Ist

SATU Indonesia Awards 2021 Terus Berkontribusi Positif ke Warga

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 17:18 WIB
Astra memberikan apresiasi berupa dana kegiatan sebesar Rp65 juta kepada pemenang kompetisi dan hadiah lainnya dalam ajang...
Ist

Dokter Loudfy Widyawati: Apakah Langsing Secara Instan Aman atau Tidak?

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 17:09 WIB
Suplemen slimming bekerja dengan cara menekan nafsu makan atau mencegah penyerapan lemak di...
Media Indonesia/Andri

Tiga Kandidat Vaksin Covid-19 untuk Anak 5-11 Tahun Masih Diuji Klinis

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 16:55 WIB
TIGA merek vaksin menjadi kandidat vaksin untuk diberikan kepada anak berusia 5-11 tahun di Indonesia, yakni Sinovac, Sinopharm dan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menghadang Ganasnya Raksa

Indonesia masih menjadi sasaran empuk perdagangan ilegal merkuri, terutama dari Tiongkok dan Taiwan. Jangan sampai peristiwa Minamata pada 1956 di Jepang terjadi di sini.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya