Selasa 04 Mei 2021, 03:38 WIB

Jurnalis Filantropi Indonesia Salurkan 125 Paket Pangan Lebaran

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Jurnalis Filantropi Indonesia Salurkan 125 Paket Pangan Lebaran

Dok. Jufi
Jurnalis Filantropi Indonesia menyerahkan santunan lebaran

 

KEGEMBIRAAN terpancar di wajah Nurdiansyah (39), ayah dari lima anak ketika terima bantuan paket pangan Lebaran dari Jurnalis Filantropi Indonesia (Jufi). Laki-laki yang berstatus guru ngaji di Sukatenang, Sukawangi, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat ini tidak cukup sekali mengucapkan rasa syukur dan terima kasih.

“Alhamdulillah, saya berterima kasih telah diberi bantuan. Saya agak kaget ketika tiba-tiba didatangi teman-teman jurnalis filantropi dan diberi bantuan,” kata Nurdiansyah

Menurut Nurdiansyah, paket pangan Lebaran ini sangat membantu di tengah masa pandemi yang belum juga mereda. Selama ini, Nurdiansyah tinggal di sebuah bangunan mangkrak. Di bangunan itulah ia beserta sang istri mengajarkan Alquran kepada anak-anak kampung.

Namun, lebih dari setahun belakangan ini pengajian dihentikan sementara akibat pandemi. Saat ini Nurdiansyah tak memiliki mata pencaharian tetap.

"Untuk sehari-hari kami makan dari hasil menanam di lahan nganggur,” jelas Nurdiansyah.

Paket pangan Lebaran juga diberikan kepada Gibral Hakim (30), tukang ojek daring. Ia mengaku senang menerima bantuan dari Jufi. “Terima kasih bantuannya. Ngojek lagi sepi gini, Alhamdulillah dapat bantuan,” kata Gibral yang biasa menarik penumpang di wilayah Bekasi.

Baca juga : Kapal Api Group Donasikan Rp1 M Untuk keluarga Awak Nanggala 402

Program bantuan paket pangan Lebaran merupakan rangkaian kegiatan Ramdhan Bahagia 2021 yang diselenggarakan Jufi. Sebanyak 125 paket pangan Lebaran senilai Rp200.000 per paket disebar di Bekasi, Depok, Jakarta, dan Tangerang.

Adapun isi paket: beras, minyak, gula, kopi, teh celup, kurma, sirup, sarden, sari kelapa, dan susu. Paket disalurkan kepada marbot, guru ngaji, yatim, dhuafa dan pekerja informal.

Selain itu, Jufi juga menyebar bantuan takjil sebanyak 200 paket senilai Rp20.000 per paket. Adapun isi paket: nasi, ayam goreng tepung, minuman teh dalam kemasan kotak dan vitamin C. Paket takjil diberikan kepada pengguna jalan di sejumlah titik Bekasi, Jakarta, dan Depok.

Program Ramadhan Bahagia terlaksana atas kerjasama Jurnalis Filantropi Indonesia (Jufi) dengan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), YBM PLN, Amanah Astra, Bank Muamalat, BCA Syariah, Yayasan Hasanah Titik dan SMP Pesantren Cendekia Amanah.

“Program Ramadhan Bahagia merupakan komitmen kami membantu sesama wabil khusus di bulan puasa," kata Wiyanto, Ketua Panitia Ramadhan Bahagia..

Jurnalis media daring di Jakarta itu mengatakan, membantu kalangan mustadh’afin merupakan kebahagian tersendiri. Tak lupa ia menyampaikan terima kasiih kepada para sponsor dan donatur.

"Kami ucapkan terimakasih sehingga program Ramadhan Bahagia dapat berjalan dengan baik," ujarnya. (RO/OL-7)

Baca Juga

halodoc.com

Ini Penyebab Mata Ikan dan Cara Menghilangkannya

👤Febby Saraswati 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 06:15 WIB
Mata ikan adalah lapisan tebal dan mengeras pada kulit yang disebabkan oleh gesekan dan tekanan. Mata ikan paling sering terjadi di bagian...
DOK BKKBN

Bergerak Bersama Menangani Stunting

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 06:00 WIB
Dia menjelaskan dalam perkembangan penanganan stunting, pemerintah sebenarnya sudah banyak melakukan upaya menurunkan angka stunting sejak...
DOK KEMENDIKBUDRISTEK

Dua Tahun Pemerintahan: Gebrakan Kemendikbudristek Wujudkan SDM Unggul

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 06:00 WIB
Dalam hal ini, Kemendikbudristek melanjutkan implementasi kebijakan Merdeka Belajar sebagai upaya bangkit dari situasi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya