Senin 19 April 2021, 11:19 WIB

Indonesia Bisa Senasib dengan India Soal Covid-19

Kautsar Bobi | Humaniora
Indonesia Bisa Senasib dengan India Soal Covid-19

AFP/Arun SANKAR
Pasien meninggalkan rumah sakit di Chennai, India, usai pulih dari covid-19.

 

MENTERI Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan tiga faktor yang dapat menyebabkan Indonesia mengalami kondisi pandemi covid-19 seperti di India. Negara tersebut tengah mengalami lonjakan kasus covid-19 secara signifikan.

Budi menyebut faktor pertama ialah rendahnya pelaksanaan vaksinasi covid-19. Indonesia dan India sama-sama mengalami kondisi tersebut. Vaksinasi baru mencapai 5%.

"Aku lihat saat vaksinasi belum 50%, mereka kendor (protokol kesehatan), tidak waspada, (kasus covid-19 akan) naik," ujar Budi dalam forum diskusi secara virtual, Minggu (18/4).

Baca juga: Disaksikan Jokowi, Bimbim Slank Divaksinasi Covid-19

Faktor kedua terkait penerapan protokol kesehatan (prokes). Budi menilai Indonesia masih lebih baik dalam penerapan prokes, terutama saat menggelar kegiatan dengan jumlah massa yang cukup banyak.

"Dia (India), kemarin, acara keagamaan yang masuk Sungai Gangga puluhan ribu orang, itu parah. Dia upacara kegamaannya banyak kaya Bali. Itu yang bikin kena (penularan covid-19)," tuturnya.

Terakhir, adanya faktor peningkatan jumlah mutasi varian covid-19 berjenis B117. Mutasi asal Inggris itu memiliki tingkat penularan yang lebih tinggi dari jenis lainnya.

"B117 di India juga uda banyak, kita belum. Selama kita bisa jaga protokol kesehatan, terutama di hari keagamaan ga kumpul-kumpul mudah-mudahan ga sepeti (India)," jelasnya.

Kasus infeksi virus korona (covid-19) di India kembali meningkat. Negara itu kembali mencatat angka tertinggi untuk kasus infeksi dalam 24 jam terakhir, yakni sebesar 234.692 kasua baru. (OL-1)

Baca Juga

Ist

Arsitek Muda Didorong Ciptakan Desain Masjid Dengan Teknologi Terbaru

👤Widhoroso 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 00:27 WIB
KEUNIKAN arsitektur masjid di Indonesia tidak telepas dari filosofi yang melatarbelakangi bangunan yang mewadahi kegiatan umat beribadah...
Antara/Rony Muhamrman

Patuh Protokol Kesehatan Jadi Kunci Tekan Laju Penularan Covid-19

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 18 Juni 2021, 23:16 WIB
Demi menekan laju peningkatan Covid-19, pemerintah juga kembali meningkatkan operasi yustisi untuk mengawasi penegakan protokol...
Dok. Metro TV

Lonjakan Covid-19 Diprediksi Hingga Juli, Masyarakat Jangan Lengah Prokes

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 18 Juni 2021, 22:58 WIB
"Pascaliburan Idul Fitri banyak orang yang masih nyolong-nyolong mudik. Kalau banyak orang bergerak, banyak mobilitas, tetap...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pungli Tetap Marak Pak Satgas!

Pungli di berbagai layanan publik terus menjadi masalah yang dialami masyarakat, bahkan di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya