Kamis 01 April 2021, 15:52 WIB

Total 11,6 Juta Orang Sudah Divaksin Covid di Indonesia

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Total 11,6 Juta Orang Sudah Divaksin Covid di Indonesia

MI/ANDRI WIDIYANTO
Warga lanjut usia mengikuti vaksinasi Covid-19 di Vihara Hemadhiro Mettavati, Jakarta, Rabu (31/3/2021).

 

MENTERI Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebutkan bahwa per 31 Maret 2021 sebanyak 11,6 juta dosis vaksin sudah disuntikkan kepada masyarakat.

"Kita ketahui bahwa sampai dengan tanggal 31 Maret 2021 jumlah masyarakat yang divaksinasi mencapai 11,6 juta dosis. Dosis pertama telah diberikan kepada lebih kurang 8 juta orang dan dosis kedua telah diberikan kepada 3,63 juta orang," kata Airlangga dalam webinar Indonesia Bicara: Membangkitkan Potensi UMKM yang diadakan Media Indonesia, Rabu (1/4).

Percepatan vaksinasi tersebut merupakan misi pemerintah untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi tahun 2021 dan mengembalikan kepercayaan diri masyarakat untuk beraktivitas

Dan pada saat bersamaan pemerintah juga melakukan pembatasan kegiatan masyarakat di skala mikro terutama untuk menekan kasus covid-19 hingga pelosok. Pemerintah juga berkomitmen melanjutkan penanganan covid-19 dan program pemulihan ekonomi dengan alokasi anggaran sebesar Rp699,4 triliun.

"Angka ini meningkat dari tahun yang realisasinya Rp579 triliun atau naik lebih 20%. Tahun ini anggaran PEN Rp184 triliun khusus untuk usaha mikro, kecil, dan menengah," katanya.

Alokasi tersebut untuk mendukung UMKM dan pembiayaan korporasi diberikan melalui berbagai stimulus seperti subsidi bunga UMKM, bantuan usaha mikro, penempatan dana pada bank umum, serta insentif pajak, serta dukungan lainnya.

"Pemerintah memberikan prioritas pada pemulihan UMKM karena peran yang strategis dan kontribusi pada perekonomian 61,1% dan serapan tenaga kerja 97%," ujar Politisi Partai Golkar tersebut.

Berdasarkan survei dari Kementerian Koperasi UKM kepada 195 ribu 23% mengalami kesulitan atau penurunan omset, 19% mengalami gangguan distribusi, dan 19,4% mengalami kendala permodalan.

"Salah satu upaya dari pemerintah adalah stimulus modal kerja melalui program Kredit Usaha rakyat (KUR) dengan suku bunga murah dengan tanpa agunan," pungkasnya. (Iam/OL-09)

Baca Juga

Youtube

Tong Kosong Nyaring Bunyinya Peribahasa Terpopuler di Indonesia

👤Zubaedah Hanum 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 16:05 WIB
DARI begitu banyak peribahasa, ternyata peribahasa 'Tong Kosong Nyaring Bunyinya' menjadi yang...
Ist

Sambut Hari Pangan Sedunia, Dua Perusahaan Sumbang Susu Cair untuk Anak-anak

👤Eni Kartinah 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 15:43 WIB
Donasi 100 ribu kotak susu cair akan diberikan kepada anak-anak yang membutuhkan di 17 daerah di seluruh...
DOK Kemendikbudristek

PTM Terbatas Opsi Bijaksana Di Masa Pandemi

👤Widhoroso 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 15:31 WIB
PEMERINTAH daerah yang saat ini berada di level 1, 2, dan 3 Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diharapkan segera melaksanakan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya