Selasa 30 Maret 2021, 10:00 WIB

Pemerintah Dorong Swasta Kembangkan Riset dan Inovasi Nasional

Faustinus Nua | Humaniora
Pemerintah Dorong Swasta Kembangkan Riset dan Inovasi Nasional

ANTARA/MUHAMMAD ADIMAJA
Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (3/2/2021)

 

Pemerintah mendorong pihak swasta untuk terlibat aktif dalam upaya mengembangkan riset dan inovasi yang sudah dihasilkan peneliti Indonesia. Kolaborasi tersebut didukung dengan insentif pajak dan keberpihakan pada pengadaan pemerintah.

"Kombinasi insentif pajak dan keberpihakan pengadaan pemerintah untuk produk inovasi Indonesia. Mengutamakan inovasi Indonesia meskipun harganya sedikit lebih mahal dibanding produk impor," kata Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro kepada Media Indonesia, Senin (29/3).

Baca: Luas Hutan di Pulau Jawa Tinggal 24%

Keterlibatas swasta, menurut Bambang tidak hanya soal pendanaan. Swasta diajak untuk melakukan R&D pengembangan produk dan inovasi, bekerjasama dengan institusi riset.

"Beberapa swasta sudah mengandalkan R&D untuk menjaga daya saing mereka seperti farmasi, otomotif dan elektronik," imbuhnya.

Lebih lanjut, Bambang mengatakan bahwa upaya tersebut merupakan langkah pemerintah untuk mengurangi ketergantungan pada impor. Selain itu juga menghilirisasi riset dan inovasi agar manfaatnya dirasakan masyarakat luas.

"Niatnya memang inovasi untuk substitusi import. Sebesar mungkin (substitusi impor), sesuai kemampuan teknologi," tandasnya.(H-3)

Baca Juga

Foto KBRI Tokyo

Dubes RI Heri Siap Dukung Promosi Kesenian Indonesia di Jepang

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 21:38 WIB
KBRI Tokyo berkomitmen untuk mendukung upaya positif dari seluruh seniman Indonesia dalam mempromosikan kesenian Indonesia kepada...
Isitimewa

Macetnya Pembayaran Insentif Nakes karena Kurang Koordinasi

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 19:00 WIB
BELUM dibayarkannya insentif bagi tenaga kesehatan (nakes) menjadi salah satu penyebab rendahnya serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja...
Antara/Akbar Nugroho Gumay.

Wiku Adisasmito Positif Covid-19, Serukan Disiplin Protokol Kesehatan

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 18:49 WIB
Wiku menegaskan saat ini kondisi fisiknya dalam keadaan baik-baik saja dan hal yang terpenting optimistis nanti dapat segera...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pungli Tetap Marak Pak Satgas!

Pungli di berbagai layanan publik terus menjadi masalah yang dialami masyarakat, bahkan di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya