Kamis 25 Maret 2021, 08:10 WIB

Menyalurkan Bantuan secara Mandiri

Dmr/M-4 | Humaniora
Menyalurkan Bantuan secara Mandiri

Dok. Pribadi
Kegiatan Relawan PSBB Indonesia.

 

SEJUMLAH relawan yang tergabung dalam gerakan Pemuda Semangat Bantu Bangsa (PSBB) Indonesia membagikan paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.

Agung Akhmad Gumelar, inisiator PSBB Indonesia, mengatakan ada sekitar 75 relawan yang tergabung dalam gerakan itu dengan program beasiswa. Mereka tersebar di 18 provinsi di Indonesia dan memiliki kewajiban membantu PSBB untuk menyalurkan donasi kepada masyarakat.

Adapun cakupan beasiswa yang diberikan PSBB meliputi dana dukungan aktivitas sebesar Rp400 ribu per bulan selama satu tahun, memiliki mentor nasional dan internasional, mendapat bimbingan untuk menulis dan menerbitkan buku, pelatihan peningkatan kapasitas diri, dan apresiasi pemuda teladan.

Adapun untuk program yang wajib diikuti relawan penerima beasiswa yaitu berperan aktif melaksanakan program sosial, mengabdi pesantren, panti asuhan, dan masjid binaan.

“Semua itu dilakukan untuk meringankan beban masyarakat selama pandemi virus korona (covid-19),” ungkap Agung.

Kegiatan penyaluran paket nutrisi untuk masyarakat menjadi program bulanan para relawan di daerah masing-masing. Mereka menyiapkan semua agenda tersebut, mulai dari belanja bahan-bahan pokok, hingga mendatangi rumah-rumah warga yang membutuhkan.

“Di pasar, para relawan membeli kebutuhan yang sudah dirincikan pengurus PSBB pusat untuk penyaluran GIN (gerakan infaq nutrisi) seperti beras, telur, minyak kelapa, rempah-rempah, dan bahan sembako lainnya,” ujarnya.

Kegiatan yang dinamai pendistribusian paket nutrisi itu pun biasanya menyasar panti asuhan, yayasan, lansia, penyandang disabilitas, pekerja, dan warga lainnya yang sangat terdampak oleh pandemi.

Dari program ini, relawan membuat dokumentasi sebagai bentuk laporan pertanggungjawaban beasiswanya. Dokumentasi dan cerita para penerima bisa dilihat di media sosial PSBB Indonesia.

Agung menjelaskan donasi yang disalurkan melalui program PSBB terkumpul di platform semangatbantu.com. Platform ini mewadahi sekitar 20 program amal termasuk PSBB Indonesia.

Semangatbantu.com merupakan platform penggalangan dana online yang menggalang program zakat, infaq, dan wakaf atas nama Yayasan Rute Langkah Amanah.

Dikutip dari laman resmi Semangatbantu.com, hingga pekan lalu, donasi yang dikumpulkan platform tersebut mencapai Rp1,8 miliar dan donasi kotak amal sebesar Rp57 juta. (Dmr/M-4)

Baca Juga

MI/GABRIEL LANGGA

Respons Terhadap Ekploitasi Anak, KemenPPPA Segera Bentuk UPTD Sikka

👤Faustinus Nua 🕔Minggu 20 Juni 2021, 20:41 WIB
Tercatat baru 26% dari 134 kabupaten/ kota yang sudah membentuk UPTD PPA. Sedangkan di tingkat provinsi tercatat sudah 89% dari 29 provinsi...
ANTARA/NOVRIAN ARBI

LPPOM MUI: Tak Ada Kendala dalam Audit Halal Vaksin Zifivax

👤Faustinus Nua 🕔Minggu 20 Juni 2021, 20:36 WIB
LP POM MUI sudah audit vaksin Anhui. Dan hasilnya sedang proses penyelesaian bersamaan dengan proses uji aman di Badan...
Antara

Hari ini, Pasien Sembuh di Indonesia jadi 1.792.528 Orang

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 20 Juni 2021, 20:21 WIB
Perkembangan pasien sembuh di Indonesia, hari ini, bertambah 6.385 orang sehingga total kesembuhan menjadi 1.792.528 orang dengan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Perlindungan Ganda terhadap Virus Korona dan Flu

DALAM perlombaan vaksin, perusahaan AS Novavax terlambat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya