Jumat 12 Maret 2021, 16:15 WIB

Rektor Universitas Trisakti Lantik Ketua Ikatan Alumni Menwa

Faustinus Nua | Humaniora
Rektor Universitas Trisakti Lantik Ketua Ikatan Alumni Menwa

Dok. Universitas Trisakti
Rektor Ali Gufron Mukti, Pangdam Jaya dan Kapolda Metro dan jajaran usai pelantikan Ketua Ikatan Alumni Menwa Yon 14 Trisakti, (11/3/2021).

 

Rektor Universitas Trisakti Prof. Ali Gufron Mukti resmi melantik dan mengukuhkan Yantri Noor Oktavianus sebagai ketua Ikatan Alumni Menwa Yon 14 Trisakti periode 2021-2024, pada Kamis (11/3). Prosesi pelantikan dan pengukuhan dengan mengikuti Tata Upacara Militer (TUM) itu dilaksanakan di Aula Ahmad Yani  Kodam Jaya/Jayakarta.

"Sebagai bagian dari sivitas akademika Trisakti, Alumni Menwa Yon 14 Trisakti mempunyai peran yang penting bagi Trisakti," ungkap Prof. Ali dalam sambutannya, Kamis (11/3).

Sebelumnya Yantri dipilih secara aklamasi pada saat Musyawarah anggota ikatan alumni Menwa Yon 14 Trisakti (14/2). Dia telah mengikuti pendidikan Resimen Mahasiswa (Menwa) pada tahun 1984, dan menapak karir sebagai komandan Platon, komandan kompi hingga komandan Batalyon 14 Trisakti.

Baca juga: Gempa di Provinsi Papua Tidak Berpotensi Tsunami

Sarjana Teknik Peminyakan itu menjalani hari-harinya sebagai profesional tenaga ahli perminyakan. Disamping itu dia juga merupakan wiraswasta yang telah berkecimpung di bidangnya lebih dari 30 tahun baik didalam negeri maupun luar negeri.

Prof. Ali menekankan bahwa tugas dan fungsi Resimen Mahasiswa di Perguruan Tinggi sangatlah penting. Mereka adalah wadah pengembangan diri mahasiswa ke arah perluasan wawasan dan peningkatan keikutsertaan dalam upaya bela negara, ketahanan nasional dan penyelenggaraan fungsi LINMAS khususnya dalam fungsi penanggulangan bencana.

Atas dasar itu, pada tanggal 28 Januari 2021 lalu, Trisakti telah menandatangani nota kesepakatan/MOU dengan Polda Metro Jaya untuk bekerjasama  di bidang Tridharma Perguruan Tinggi. Hal itu untuk merealisasikan konsep Kampung Tangguh Jaya di wilayah Jabodetabek dalam rangka mengatasi dampak pandemi covid-19 di tengah masyarakat.

"Sebagai Alumni Resimen Mahasiswa Yon 14 Trisakti yang pernah mengikuti pendidikan dasar militer dan mempunyai tradisi dan pengalaman panjang dalam mengikuti berbagai penugasan sosial kemasyarakatan bersama-sama dengan TNI dan Polri, mungkin Alumni Resimen Mahasiswa Trisakti dapat mengambil bagian untuk melakukan kegiatan dalam kerangka MOU tersebut. Dan tentunya juga diharapkan dapat melakukan kolaborasi dan kerjasama pada berbagai kegiatan yang dilakukan di jajaran KODAM Jaya," ucapnya.

Sementara itu, Yantri mengatakan Menwa dan Alumninya merupakan bagian daripada komponen pertahanan negara Republik Indonesia. Dirinya bersama para alumni Menwa berkomitmen untuk melaksanakan dan membangun semangat kebangsaan, kewaspadaan nasional, dan bela negara.

"Semua harus diwujudkan dalam karya nyata agar dapat menangkal ancaman ideologi radikal dalam bentuk Radikalisme, Terorisme dan Komunisme gaya baru (Laten), sehingga dapat memberikan kontribusi positif dalam mengelola stabilitas dan kelangsungan pembangunan nasional," kata dia.

Yantri pun menyampaikan terima kasih kepada Rektor, Pangdam Jaya dan semua pihak yang telah mendukungnya. Dia berharap Rektor Universitas Trisakti dapat membantu untuk melanjutkan pendidikan Resimen Mahasiswa (Menwa) kepada mahasiswa yang telah terhenti beberapa tahun.

"Sehingga Widya Castrena Dharma Siddha, yang berarti penyempurnaan pengabdian dengan ilmu pengetahuan dan ilmu keprajuritan dapat dimiliki oleh alumnus Trisakti," pungkasnya.

Adapun, acara pelantikan itu turut dihadiri oleh Pangdam Jaya/Jayakarta Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kapolda Irjen. Pol. H. Muhammad Fadil Imran, juga Jajaran Kodim, Korem, Polres dan walikota, serta  Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) IARMI DKI Jaya H. Datep Purwa Saputra MM, Dewan Pimpinan Kota Jakarta Barat (DPKota) Benjamin Hidayat MT serta beberapa wakil komisariat perguruan tinggi lainnya di Jakarta. (H-3)

Baca Juga

MI/Seno.

Organisasi Profesi dan PP Muhammadiyah Tolak Tegas RUU Kesehatan

👤Meilani Teniwut 🕔Rabu 08 Februari 2023, 21:35 WIB
Rancangan Undang-Undang (RUU) Kesehatan dinilai bisa merugikan masyarakat. Oleh karena itu RUU ini ditentang oleh berbagai kalangan...
dok.unas

Unas Jalin Kerja Sama Dengan Baznas Terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 21:34 WIB
UNIVERSITAS Nasional (Unas) dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sepakat menjalin kerjasama dalam hal tridharma perguruan...
Antara

Update 8 Februari 2023: Jakarta Laporkan 90 Kasus Covid-19 Hari Ini

👤MGN 🕔Rabu 08 Februari 2023, 21:31 WIB
Kasus covid-19 di Indonesia bertambah 263 pada Rabu, 8 Februari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya